Tuesday, 22 March 2016

Bersama ATSI, Ayo Dukung OTT Buatan Anak Bangsa

Dukungan ATSI (Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia) terhadap 3 OTT buatan anak negeri tentu saja bisa kita acungi jempol.

Alasan ATSI mendukung layanan OTT yang dipilih setelah menjalani seleksi panjang, tidak lain adalah seperti apa yang diharapkan anak-anak bangsa. Diharapkan dengan adanya dukungan kuat dari segi brand awareness atau bahkan promosi bisa membuat anak negeri semakin bersemangat menciptakan dan mengembangkan karya-karyanya. Namun, tentu saja momentum ini dibungkus dengan proses seleksi yang ketat agar anak-anak negeri termotivasi menciptakan layanan aplikasi yang benar-benar punya visi, arah dan menjawab kebutuhan dan keinginan pasar.

Alexander Rusli selaku Ketua ATSI berujar bahwa 3 OTT terpilih ini telah menjalani proses yang panjang sampai akhirnya mereka dinyatakan terpilih dan layak menjadi 3 aplikasi lokal kebanggaan nasional. Harapan semua pihak, OTT buatan anak negeri ini bisa mendunia seperti aplikasi-aplikasi buatan luar. Sebut saja, Whatsapp, Line, dsb, adalah contoh layanan OTT yang sukses menjarah pasar di tanah air, padahal layanan OTT tersebut dari luar. 

Aplikasi buatan anak bangsa Qlue, Catfiz dan Sebangsa

Seperti sudah dibahas pada artikel sebelumnya “Geliat Layanan OTT Bagaimana Dampaknya Terhadap Operator” 3 OTT anak negeri yang berhasil lolos seleksi dan akan mendapat dukungan dari ATSI diantaranya :
  • Qlue
  • Catfiz
  • Sebangsa
Ketua panitia seleksi OTT lokal mengatakan bahwa proses interview  dan seleksi sudah direncanakan dengan syarat yang cukup ketat. Hal penting dan paling utama adalah mereka harus memastikan bahwa aplikasi tersebut benar-benar buatan Indonesia.

Adapun proses dukungan yang akan diberikan ATSI terhadap Catfiz, Qlue dan Sebangsa ini yaitu “brand awareness” kepada masyarakat mengenai keberadaan aplikasi ini. Contohnya, operator yang tergabung dalam ATSI bisa menyebar SMS pada pelanggan mereka, mencantumkan logo, link serta banner sampai penyematan aplikasi OTT pada channel operator.

Sebagai langkah awal, ada 6 anggota ATSI yang akan mendukung diantaranya :
  • Telkomsel
  • Indosat Ooredoo
  • XL Axiata
  • Hutchison Tri Indonesia
  • Smartfren 
  • Telkom
Dukungan ini rencananya akan berlangsung selama 1 tahun untuk melihat keefektivannya. 

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara sempat hadir dalam peresmial 3 aplikasi Over The Top (OTT) lokal, dan menyarankan agar aplikasi tersebut tersemat secara gratis di semua sim card milik operator.

Beliau berharap dengan cara seperti ini, maka jumlah pengguna Catfiz, Sebangsa dan Qlue bisa melebihi pengguna Facebook, Twitter serta Line dsb di Indonesia mengingat ada sekitar 300 juta lebih sim card yang ada di Indonesia.

Qlue sendiri merupakan aplikasi yang mampu memfasilitasi komunikasi antara masyarakat dengan pemerintah.

Sebangsa, adalah layanan media sosial berbasis komunitas. Satu lagi, Catfiz adalah sarana berkirim pesan yang katanya sudah mengirimkan 750 juta pesan setiap harinya.

Yuk kita dukung aplikasi buatan anak bangsa ini !


sumber :
  • http://tekno.liputan6.com/read/2461570/alasan-atsi-dukung-3-ott-buatan-anak-bangsa-ini
  • http://tekno.liputan6.com/read/2461581/menkominfo-minta-aplikasi-ott-lokal-tersemat-di-sim-card
  • http://obengplus.com/articles/5340/1/Qlue-aplikasi-Android-Smart-City-Jakarta-tinggal-foto-dan-lapor-keluhan-Qlue-Transit-terhubung-TransJakarta.html#.VvEBqdJ97IV

0 comments