Friday, 18 March 2016

XL Axiata, Pendapatan Tumbuh Prospek Bisnis Layanan Data Memang Cerah

Dikutip dari liputan6.com, pendapatan layanan data XL Axiata naik sebesar 14% menjadi Rp 2,9 triliun, meskipun untuk Voice dan SMS menurun. 

Wajar, diakui kini banyak pengguna XL memakai smartphone dengan kenaikan 23 %. Ini berarti bahwa dari 47 juta total pelanggan XL, 34 % nya memakai smartphone.

Layanan Data XL

XL Axiata juga mengaku akan terus melakukan upgrade jaringan serta modernisasi untuk mengantisipasi lonjakan trafik data yang signifikan.

Dukungan kapasitas jaringanan XL semester pertama tahun 2015 terdiri dari :

  • 232 unit BTS 4G
  • 17.246 unit BTS 3G
  • 37.022 unit BTS 2G

3 Strategi terkenal yang dimiliki XL diantaranya :

1. Revamp
Strategi Revamp merupakan model bisnis yang mengupayakan pada peningkatan pelanggan berkualitas (dari volume ke value) dan profitabilitas produk (kemampuan produk dalam menghasilkan profit).

2. Rise
Strategi bisnis ini mengupayakan peningkatan merek XL melalui strategi dual-brand dengan Axis untuk menyasar segmen pasar berbeda.

3. Reinvent
“Reinvent” berarti “menemukan kembali”, XL mencoba membangun dan menumbuhkan berbagai inovasi-inovasi bisnis, seperti bisnis di luar seluler.

Pendapatan layanan value added service (VAS) Xl pun mengalami kenaikan yang positif. Layanan value added service ini contohnya seperti RBT, Ringtone atau Background Music. Baik layanan data maupun VAS menunjukkan trend positif karena didukung pertambahan pengguna smartphone di jaringan mereka. 

Sebagaimana dijelaskan pada website resminya, XL memang serius untuk fokus pada kualitas. Transformasi besar-besaran ini memang telah menunjukkan hasil yang positif. Kecepatan akses internet bagi pengguna merupakan sebuah tantangan bagi para pemain di industri ini, tidak hanya XL. 

Operator lain mungkin juga merasakan atmosfir yang sama mengenai pertumbuhan pengguna layanan data internet. Jumlah pelanggan data XL mencapai 32,2 juta atau 51% dari total pelanggan yang dimiliki pada tahun 2014. 

Presiden Direktur XL yakni Hasnul Suhaimi mengemukakan bahwa layanan Data XL mencetak pertumbuhan yang signifikan pada tahun 2014 dan dirinya mengaku XL memang fokus pada layanan Data.  Beliau menambahkan bahwa pengalaman pelanggan harus ditingkatkan dengan berbagai program menarik. 

Nah, ternyata bisnis layanan data cukup cerah mengingat semakin banyaknya masyarakat yang mulai melek teknologi. 


Sumber :
  • http://tekno.liputan6.com/read/2094342/layanan-data-bantu-dongkrak-pendapatan-xl
  • http://www.xl.co.id/corporate/id/investor/informasi/transformasi-xl-tunjukkan-hasil-positif
  • http://www.plimbi.com/review/911/layanan-vas-value-added-services

0 comments