Wednesday, 28 June 2017

4 Langkah Mengatasi Pembelian Pulsa yang Tidak Masuk

Tips Pulsa Tidak Masuk

Pernah mengalami pembelian pulsa yang tidak masuk ?

Bagaimana respon anda kala itu ? Menyalahkan tukang konter kah atau menyalahkan situs isi pulsa online otomatis ?

Apalagi anda yang berprofesi sebagai Penjual Pulsa, betapa tidak "gundah gulana hati ini ^_^" ketika ada pembeli komplain pulsa tidak masuk...

Perlu diketahui, ada 4 treatment ketika ada dugaan pembelian pulsa tidak masuk sebelum melakukan komplain ke pihak penjual pulsa atau customer service operator :
  1. Cocokan Nomor Pembeli (Antisipasi Salah Nomor)
    Salah 1 angka saja besar kemungkinan pulsa akan terkirim ke nomor orang lain. Ketika pembelian pulsa tidak masuk, coba cocokan nomor yang disebutkan pembeli dengan nomor di hp-nya. Bila nomor sama, dan pulsa masih tidak masuk silahkan lanjut ke treatment ke-2.
  2. Cek Pulsa secara Berkala
    Terkadang pulsa agak telat masuk (belum bertambah), meskipun penjual sudah bilang transaksi sudah "sukses". Saya berkata seperti ini karena sudah mengalaminya sebagai penjual pulsa.
    Isi Pulsa Baru Masuk
    Ini dikarenakan mungkin sistem operator atau "apalah..." sedang lambat. Solusinya, cek pulsa lagi selang beberapa menit (2-3 menit). Pengecekkan pulsa secara berkala ini merupakan anjuran dari pihak CS Operator loh...

    Namun, ada juga pembeli yang mengatakan pulsa tidak masuk hanya karena tidak mendapatkan sms pemberitahuan penambahan pulsa dari operator. Padahal dia belum coba mengecek pulsa. Bisa saja pulsa sudah bertambah, namun sms pemberitahuanny telat masuk. Seperti anda mengirim sms ketika jaringan sedang lemah atau gangguan akan lambat terkirim/diterima- kurang lebih begitu logika sederhananya. Jadi, coba cek pulsa dulu ya...
  3. Cek Apakah Nomor Pembeli Berlangganan Paket/Layanan yang Memperpanjang Otomatis
    Banyak yang belum mengetahui perihal ini, saya pernah mengalami kasus pembeli yang komplain pulsa belum masuk. Setelah saya cek hp nya, ternyata ada pesan masuk tentang "perpanjangan paket internet...". Sudah bisa dipastikan, pulsa yang baru dia beli "Langsung Terpotong" karena berlangganan paket internet yang memperpanjang otomatis.

    Akhirnya setelah saya jelaskan dengan gaya upin ipin, pembeli mulai mengerti. Maklum pembelinya anak kecil ^_^...
  4. Hubungi CS Server Pulsa tempat Anda Membeli Saldo atau Call Center Operator Terkait
    Nah bila ke-3 treatment sebelumnya mandeg, sudah dicek tiada hasil silahkan masuk ke treatment ke-4 ini.

    Bisa jadi sedang ada gangguan pengisian pulsa. Anda bisa menghubungi CS Server Pulsa tempat anda membeli saldo atau langsung menelpon ke Call Center Operator terkait. Misal nomor pembeli menggunakan Telkomsel, silahkan telpon ke Call Center Telkomsel.

    Berikut ini Nomor Resmi Customer Service Operator :
    • Call Center Telkomsel  188  (Gratis namun seteleh terhubung ke CS akan dikenakan tarif)
    • Call Center Indosat  185  (Rp 400/panggilan)
    • Call Center  XL  817  (Rp 500/panggilan)
    • Call Center Axis  838  (Rp 800/panggilan) atau  0838 8000 838 bila tidak menggunakan nomor Axis
    • Call Center Smartfren  888 (Rp 300/panggilan) atau 0881 1223 344 bila tidak menggunakan nomor Smartfren

      Ketika terhubung dengan Customer Service Operator, biasanya kalimat komplain yang saya ucapkan seperti ini :

      "Assalamualaikum, selamat pagi/siang/sore/malam pak saya Fajar penjual pulsa dari Bogor ingin menanyakan apakah transaksi pulsa nominal ....ribu ke nomor 08xxxxx hari ini jam sekian... sudah berhasil terisi ke nomor tersebut ? Sebab saya sudah menerima laporan sukses dan ada Serial Numbernya namun pembelinya bilang pulsanya belum masuk..."Dari sini, biasanya CS sudah paham dan akan langsung mengecek transaksi tersebut.

      Sebentar, apakah anda sudah tahu apa itu serial number transaksi ? Setiap kali mendapat laporan transaksi pulsa yang sukses, umumnnya kita akan mendapat serial number unik.

      Contoh laporan transaksi pulsa yang sukses
      dari Server Timi Pulsa :

      "YTH. TMPZZ1. Trx X15 ke 0. no 0877111xx. SUKSES. SN:044490620597478, Harga = 15.300 Sisa Saldo = 25.300 - 15.300 = 10.000."

      nah yang dicetak Tebal SN:044490620597478 merupakan serial number transaksi. Bila tidak ada nomor SN nya seperti ini  SN: -,  kemungkinan besar ada masalah pada pengisian pulsa dan biasanya pulsa tidak masuk.
Apakah sampai sini sudah cukup jelas... ?

Kurang lebih itulah 4 treatment mengatasi pembelian pulsa yang terkendala. 

Bila ada pertanyaan atau saran jangan sungkan untuk berkomentar atau silahkan follow kami :
Facebook : fb.com/timipulsa
Instagram : @timipulsa
Website : www.timipulsa.com

0 comments