-->

Kelebihan dan Kekurangan Kartu Indosat

Indosat merupakan salah satu operator dengan banyak pengguna. Ia juga termasuk salah satu kartu perdana tertua setelah telkomsel. Banyak sekali fitur menarik yang selalu ditawarkan indosat. Begitu juga dengan kelebihan dan kekurangan kartu indosat yang bisa kita jumpai dengan mencoba menggunakan kartu tersebut.



Indosat memang terkenal dengan harganya yang sangat terjangkau dengan kualitas jaringan yang cukup baik. Berikut ini akan dikaji lebih lanjut mengenai kelebihan dan kekurangan kartu indosat. 

Kelebihan menggunakan kartu indosat antara lain adalah : 
  1. Memiliki tarif yang lebih murah khususnya Paket Data Internet dibandingakan dengan telkomsel dan beberapa kartu perdana lainnya. Ini merupakan salah satu kelebihan indosat, harganya sangat terjangkau oleh sebagian besar masyarakat. Kualitas jaringannya pun bisa dikatakan lumayan baik.
  2. Banyak menawarkan paketan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen contohnya paket Yellow 1GB 24 JAM 1 hari.
  3. Memiliki jaringan yang cukup luas, hal ini menjadi poin penting dalam pemilihan menggunakan kartu perdana. Dengan jaringan yang luas kita bisa mengakses berbagai informasi di mana pun kita berada.
  4. Memiliki masa aktif yang lama, masa aktif kartu perdana pada umumnya hanyalah satu bulan. Begitu juga dengan indosat. Satu hal yang menarik dari indosat ini adalah adanya layanan pembelian masa aktif denagn pulsa. Sehingga kita tidak lagi khawatir akan kehabisan masa aktif.
  5. Ada paket program senyum indosat, yaitu konsumen akan mendapatkan poin setiap kali mereka mengisi pulsa.
  6. Paket telepon dan SMS dengan harga terjangkau dan murah dengan adanya pilihan paket sms maupun telepon ke sesama maupun ke operator lainnya.
  7. Memiliki Jaringan 4G yang cepat (untuk area tertentu)
  8. Sisa kuota dapat digunakan saat perpanjangan paket. Hal ini sangat menarik karena kita tidak perlu lagi khawatir dengan sisa kuota yang banyak padahal masa aktifnya telah hampir habis. Dengannya sisa kuota yang tersisa bisa diperpanjang untuk periode selanjutnya.


Kekurangan menggunakan kartu indosat antara lain adalah :
  1. Bonus yang diberikan kadang tidak menentu
  2. Banyak mengeluarkan syarat - syarat untuk setiap penawaran produk yang mereka keluarkan
  3. Jaringannya belum mencapai seluruh Indonesia sehingga untuk beberapa daerah masih kesulitan untuk mengaksesnya. Hal ini menjadi tantangan bagi indosat untuk mengembangkan produknya. 
  4. Berdasarkan pengalaman, pengisian pulsa & kuota indosat lebih sering gangguan dibandingkan operator lain.
  5. Sinyal kadang lemah khususnya 4G untuk area tertentu meskipun di kota dan masih satu kelurahan. Bila kami bandingkan, kecepatan internetnya pun tidak sebaik XL, ini merupakan pekerjaan rumah bagi provider tersebut. 

Kini sedang hangat diperbincangkan paket yellow IM3. IM3 merupakan salah satu kartu perdana indosat, selain mentari. Paket yellow yang ditawarkan ada tiga macam, yaitu kuota 1GB Rp. 1.000 dengan masa katif satu hari, paket kuota 1 GB dengan masa aktif 3 hari seharga Rp. 2.500 dan paket 1 GB Rp. 7.000 dengan masa aktif 10 hari. 

Ada pun kelemahan dari paket ini antara lain adalah hanya bisa digunakan oleh pengguna baru saja. Selain itu, setelah paket yellow habis pengguna akan dikenai biaya Rp 5,00 per KB atau dapat membeli ekstra kuota. Berbeda dengan paket lainnya, pada paket ini kita harus memperbarui setiap hari dengan cara mendaftar kembali. Pada paket ini juga sisa benefit kuota utama akan hilang karena tidak ada akumulasi. 

Sebuah pekerjaan rumah atau PR untuk operator indosat adalah akses internet yang lambat atau tidak stabil. Berdasarkan pengalaman kami, ketika menggunakan Kartu Indosat di lantai 2 (wilayah pusat kota Bogor) sinyal 4G hanya mendapat 1 bar. Streaming pun lebih sering buffering. Berbeda jauh dengan ketika menggunakan kartu XL apalagi Telkomsel saat kami bandingkan.


Melihat begitu banyak kelebihan dan kekurangan kartu indosat menjadikan kita terutama para pemuda bisa lebih selektif. Berbagai fitur yang ditawarkan pun sangat menarik. 

Nah, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jangan lupa like dan share..! 

0 komentar