-->

2 Cara Cek Hp Kita Sudah Jaringan 5G atau Belum

Jaringan tercepat yang ada di abad ini sudah berupa 5G. Namun tidak semua ponsel mendukung penggunaan jaringan tersebut. Ada 2 cara cek Hp kita sudah jaringan 5G atau belum. Anda yang belum mengetahui caranya maka Anda sampai di tempat yang tepat.

Tes Jaringan 5G

Namun pada dasarnya jaringan 5G memiliki perbedaan dari Wifi 5G. Generasi milenial sudah pasti harus paham apa perbedaannya sehingga tidak hanya mengetahui perbedaan dari hal kecepatan saja.


Perbedaan Mendasar Jaringan 5G dengan Wifi 5G

Teknologi jaringan zaman sekarang sudah sampai generasi kelima. Jaringan 5G diklaim punya kecepatan yang lebih tinggi dan juga latensi semakin rendah dibandingkan generasi ke-4 berupa 4G LTE.  Namun ponsel yang sudah terlanjur beredar di masyarakat tidak semuanya mampu mendukung penggunaan jaringan 5G. 

Namun tiap kali seseorang membahas generasi kelima dari teknologi ini maka tidak akan bisa terlepas dari yang namanya Wifi 5G. Apa sebenarnya Wifi 5 Ghz? Apakah berbeda dari teknologi jaringan 5G? Jawabannya adalah Wifi 5 Ghz merupakan teknologi Wifi yang lebih handal daripada generasi sebelumnya yang hanya berupa Wifi 2,4 Ghz.

Penggunaan Wifi 5 Ghz lebih baik jika ditujukan untuk area perkantoran yang ada dalam gedung bertingkat. Kecepatan penghantaran transmisi data sudah terbukti tidak dibatasi oleh ruangan bertembok tebal. Wifi 5 Ghz lebih baik daripada jaringan 5G ketika diharuskan sama-sama menembus tembok tebal.

Smartphone berteknologi jaringan 5G sendiri pertama kali diluncurkan pada tahun 2019 silam. Sedangkan pemasangan pita frekuensi 5 Ghz pada Wifi sudah dimulai sejak tahun 2009. Dapat dikatakan memang jaringan Wifi 5 Ghz jauh lebih dahulu eksis dibandingkan smartphone 5G.

Kemampuan ini akan merujuk ke kecepatan akses jaringan internet. Siapapun yang menggunakan teknologinya akan semakin terhindar dari loading lama ketika harus streaming. Jaringan maupun Wifi ini sangat tepat bila harus dipakai berkomunikasi melalui perangkat sehingga orang-orang dapat berkomunikasi via online dengan lancar.

Lihat juga artikel : Apakah Jaringan 5G Boros Kuota ?


2 Cara Cek HP Kita Sudah Jaringan 5G atau Belum dan Daftar HP yang Mendukung Jaringan 5G

Anda sudah dapat membedakan antara jaringan 5G dengan Wifi 5Ghz. Sekarang Anda bisa mengetahui cara memeriksa apakah smartphone yang dimiliki sudah mendukung teknologi 5G atau belum. Langsung saja simak yuk mengenai cara detailnya:

1. Aplikasi Tester 5G

Tersedia banyak aplikasi untuk mengetes jaringan 5G yang mampu digunakan untuk mendeteksi apakah suatu ponsel sudah mendukung 5G atau belum. Berikut ini salah satu aplikasinya kami berikan contoh langkah-langkahnya :

  • Pasang aplikasi 5G Tester atau sejenisnya di Playstore dan buka aplikasinya.
  • Klik tombol Check.
  • HP yang mendukung 5G akan berwarna hijau. Sedangkan yang tidak berwarna merah


2. Periksa Wifi 5G via Menu Pengaturan atau Setelan

Selain menggunakan website gsmarena, Anda juga dapat menggunakan metode setelan atau pengaturan. Seluruh langkahnya dapat disimak berikut:

  • Pembukaan menu Setelan atau Pengaturan yang ditandai dengan simbol gerigi.
  • Tap pada menu hotspot dan atur bagian hotspot portable. 
  • Anda bisa kembali untuk melihat opsi pita maupun frekuensi. Apabila pada smartphone Anda tidak muncul opsi memilih jenis pita maka bisa dipastikan smartphone tidak support untuk penggunaan jaringan 5G.

Bagi Anda yang berminat untuk memiliki smartphone 5G perlu mengetahui apa saja nama serinya. Apabila membeli smartphone keluaran terbaru bisa dipastikan bahwa kebanyakan akan mendukung opsi jaringan generasi kelima ini. Tak hanya mendukung penggunaan jaringan 5G tetapi Anda juga harus mengetahui yang memungkinkan penggunaan Wifi 5Ghz.

  1. Xiaomi Mi A1

    Smartphone keluaran negara Tiongkok ini sudah mendukung penggunaan jaringan 5G. Smartphone ini sendiri pertama kali diluncurkan tahun 2017 bulan September. Para penggunanya maksimal dapat melakukan upgrade sistem Android dari Android 7.1.2 menjadi maksimal Android 9.0.
    Xiaomi Mi A1

    Kapasitas internal penyimpanan data dari Xiaomi Mi A1 sebesar 32 GB dengan RAM 4 Gb. Smartphone satu ini benar-benar sudah mendukung streaming online yang lancar alias tanpa loading. Anda juga akan bisa berkomunikasi online.

  2. Xiaomi Redmi 5 Plus

    Ponsel keluaran Xiaomi juga yang mampu diubah ke jaringan 5G adalah Xiaomi Redmi 5 Plus. Pertama kali dirilis pada 2018 bulan Februari. Sistem operasi yang terpasang berupa Android 7.1.2 tetapi dapat diupdate hingga Android 10.
    Xiaomi Redmi 5 Plus
    Xiaomi Redmi 5 Plus

    Kemampuan dari ponselnya ada tiga macam dengan kapasitas terendah 32 GB dan terbesar 64 Gb. Fitur bawaan yang memungkinkan penggunaan jaringan 5G adalah Wifi 802.11 a atau n. Anda yang ingin mendapatkan smartphone 5G murah dapat membeli yang satu ini.

  3. Realme Narzo

    Anda yang menginginkan smartphone keluaran cukup baru dan mendukung jaringan 5G maka dapat memilih Realme Narzo. Smartphone ini dirilis pada bulan Juni 2020 dan menggunakan Android 10. Kapasitas dan memorinya cukup besar yang mana 128 GB dan 4 GB. 

    Realme Narzo
    Realme Narzo

  4. Oppo A12

    Smartphone lain yang juga dirilis tahun 2020 dari golongan Oppo adalah Oppo A12. Sistem Android bawaan yang terpasang berupa Android 9.0. Jenis teknologi yang mendukung jaringan dan Wifi 5G adalah Wifi 802.11 a atau n.
    Oppo A12
    Oppo A12

    Kemampuan kapasitas bawaan 32 GB dengan RAM 3 GB. Sebagai opsi juga pembeli dapat memilih kapasitas lebih besar yakni 64 GB dengan RAM 4 GB.

0 komentar