-->

Cara Cek Kuota Smartfren via SMS, Aplikasi dan Web di 2021

Apakah cara cek kuota Smartfren di tahun 2021 ini masih sama dengan cara cek kuota sebelumnya? Untuk Anda yang ingin tahu bagaimana cara cek kuota Smartfren saat ini berikut ini adalah ulasannya. 




Cek kuota dengan UUSD

USSD merupakan cara paling primitif dan paling lama yang bisa digunakan untuk mengecek pulsa dan kuota dari sebuah provider. USSD sendiri singkatan dari Unstructured Supplementary Service Data. USSD merupakan nomor yang bisa digunakan sebagai pusat informasi untuk nomor Smartfren yang Anda miliki. 

Untuk mengecek kuota dengan menggunakan cara ini Anda bisa mengikuti langkah berikut ini :

  1. Buka fungsi panggulan di ponsel Anda. 
  2. Ketika nomor *995#
  3. Fungsi panggilan akan langsung melakukan permintaan Anda 
  4. Anda hanya perlu menunggu balasan dan  Anda bisa mendapatkan informasi mengenai jumlah kuota yang masih Anda miliki. 

Cara ini merupakan salah satu cara yang sangat sudah karena Anda hanya akan memerlukan koneksi jaringan telefon untuk bisa mengakses USSD guna mendapatkan kuota internet Anda. 


Cek kuota dengan aplikasi  MySmartfren Self Care 

Untuk Anda yang ingin mengetahui kuota Smartfren Anda, cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi MySmartfren Self Care. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang bisa digunakan baik di ponsel android maupun di ponsel iPhone Anda. 

Untuk Anda yang ingin menggunakan cara ini, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan instalasi terlebih dahulu. Setelah Anda melakukan instalasi, maka Anda bisa melakukan registrasi dan menggunakan aplikasi ini untuk cek kuota Anda. 

Lalu bagaimana langkah pengecekan ini? Berikut ini adalah ulasannya 

  • Buka Playstore atau App Store di ponsel Anda 
  • Cari aplikasi dengan keyword MySmartfren Self Care
  • Setelah itu unduh dan tunggu hingga proses instalasi selesai 
  • Lakukan registrasi dengan nomor yang Anda miliki 
  • Lakukan login 
  • Jika sudah, maka informasi yang Anda butuhkan mengenai kuota yang Anda miliki akan muncul pada halaman utama di aplikasi tersebut. 

Cara cek kuota Smartfren yang satu ini memiliki kelebihan berupa kemudahan pengecekan. Dengan menggunakan cara ini Anda tidak perlu mengingat nomor yang Anda butuhkan untuk mengecek jumlah kuota sisa yang Anda miliki. 

Akan tetapi cara ini juga memiliki kekurangan. Kekurangan dari penggunaan cara ini adalah Anda perlu melakukan instalasi terlebih dahulu. Hal ini mungkin tidak akan menjadi masalah karena ukuran aplikasi MySmartfren  Self Care ini tidak begitu besar, akan tetapi hal ini bisa menjadi masalah untuk orang-orang yang memiliki penyimpanan yang kecil. Contohnya pada pengguna iPhone yang tidak bisa menambah slot untuk storage. 

Jika kondisi ini juga terjadi pada Anda, maka Anda bisa menggunakan cara lain seperti cara cek dengan USSD atau cara lain yang akan kami bahas di bawah ini. 


Cek kuota dengan menggunakan website Smartfren 

Nah, cara lain yang bisa Anda lakukan jika ingin melakukan pengecekan kuota internet Anda adalah dengan mengeceknya dengan menggunakan  website dari Smartfren. Ya, website dari Smartfren juga menyediakan fitur untuk mengelola kuota Anda. 

Untuk bisa mengecek kuota dengan menggunakan website ini, berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti. 

  1. Buka browser di laptop atau di ponsel Anda. 
  2. Setelah itu lakukan login dengan menggunakan nomor ponsel yang Anda miliki. 
  3. Setelah berhasil melakukan login, maka Anda bisa mendapatkan informasi mengenai akun Anda secara lengkap. Mulai dari kuota yang Anda miliki hingga data lain seperti pulas dan juga masa berlaku. 

Cara ini merupakan cara yang sangat mudah dilakukan. Seperti cara sebelumnya, cara ini bisa di lakukan tanpa Anda perlu mengingat nomor secara spesifik. Yang Anda butuhkan hanya nomor ponsel yang Anda miliki yang pastinya sudah ada di memori Anda bukan? 

Akan tetapi cara ini  hanya bisa dilakukan jika Anda memiliki kuota aktif. Jika Anda tidak memiliki kuota atau koneksi internet, maka anak tidak bisa melakukan pengecekan kuota dengan cara ini. Solusinya, Anda bisa minta thatering pada rekan Anda atau bisa juga menggunakan cara lain untuk melakukan pengecekan ini. 


Cek kuota dengan SMS 

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengecek kuota nomor Smartfren Anda adalah melakukan pengecekan kuota dengan menggunakan SMS. SMS atau short message service merupakan  salah satu layanan yang dari dulu juga bisa digunakan untuk mengecek kuota. 

Cara ini adalah cara yang ukup mudah dilakukan karena Anda tidak akan membutuhkan kuota atau membutuhkan pulsa untuk bisa melakukan pengecekan. Lalu bagaimana cara pengecekan kuota dengan menggunakan cara ini? Berikut ini adalah ulasannya. 

  1. Buka aplikasi pesan di ponsel Anda. 
  2. Bukat pesan baru dan set nomor tujuan ke 995
  3. Setelah itu ketika “cek” pada kolom pesan
  4. Klik kirim 
  5. Setelah itu Anda bisa mendapatkan informasi mengenai kuota Anda. 

Nah demikian ulasan mengenai cara cek kuota Smartfren yang bisa kami berikan semoga ulasan ini dapat bermanfaat!


0 komentar