Langkah Membuka Usaha Konter Pulsa dengan Perencanaan Matang

Usaha konter pulsa merupakan salah satu usaha yang banyak dilakukan oleh pelaku bisnis. Usaha pulsa merupakan usaha yang umum dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Usaha konter pulsa tidak hanya berpacu pada penjualan pulsa saja. Usaha tersebut dapat dilengkapi dengan penjualan handphone, asesoris handphone dan jasa reparasi handphone. 

Mereka yang ingin menjalankan usaha dengan pembuatan konter sendiri tentunya membutuhkan modal yang lebih besar guna pembangunan konter itu sendiri. Meskipun begitu, konter pulsa tersebut merupakan salah satu modal yang perlu dipenuhi oleh pelaku usaha penjualan pulsa. Meskipun harus mengeluarkan modal yang besar di awal karir, usaha konter pulsa tersebut tidak mampu menghalangi para pengusaha konter pulsa untuk menjalankan usahanya. Mereka akan menggunakan cara membuka usaha konter pulsa dengan baik agar usaha yang mereka jalankan dapat berjalan dengan lancar.

Tips Membuka Usaha Konter Pulsa

Usaha konter pulsa merupakan salah satu bisnis yang memerlukan pemikiran yang matang. Meskipun merupakan usaha yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia, usaha konter pulsa tidak akan berjalan dengan baik tanpa ada pemikiran yang terperinci. Bagi Anda yang tertarik dengan usaha konter pulsa, simak penjelasan mengenai cara membuka usaha konter pulsa di bawah ini :

1. Tentukan Lokasi Penjualan Pulsa

Jika Anda memiliki modal yang besar, Anda dapat menyewa sebuah ruko atau kios dan menjadikannya sebuah konter. Saat menentukan lokasi konter pulsa, pastikan jika lokasi tersebut merupakan lokasi yang strategis. Konter yang terletak di sekitar jalan rasa merupakan tempat yang tepat dalam menjalankan bisnis penjualan pulsa.

Bagi pemula dan pemodal kecil dapat memanfaatkan halaman rumah yang kosong untuk dijadikan konter atau tempat menjual pulsa. Ini bisa anda jadikan sebagai penghasilan sampingan keluarga di rumah, juga sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan pulsa elektrik dan token listrik sendiri.

2. Tulis Daftar Pembelian Peralatan dan Perlengkapan Konter Pulsa

Ini cukup penting, anda bisa buat list peralatan yang hendak dibeli sesuai dengan skala usaha. Jangan lupa tulis juga harganya serta dimana anda akan membeli, apakah membeli secara online atau datang langsung ke tempat penjual.

Contoh nya : etalase konter, tempat display perdana, tempat display hp, rak jaring aksesoris tempel tembok, stick hook ram untuk menggantung aksesoris di rak jaring, hp untuk penjualan pulsa elektrik dan sebagainya...

3. Daftar di Server Pulsa yang Kredibel untuk Kebutuhan Deposit Saldo

Berjualan pulsa elektrik, tentu saja membutuhkan saldo. Agar dapat membeli saldo, anda harus daftar dulu di Server Pulsa contohnya di Timi Pulsa. 

Biasanya saldo yang dibeli di server pulsa bisa digunakan untuk berjualan banyak produk mulai dari Pulsa Elektrik Semua Operator, Kuota Internet Semua Operator, Paket SMS, Paket Nelpon, Pulsa atau Token Listrik serta Pembayaran Tagihan Bulanan seperti PDAM, PLN, Telkom, BPJS dsb.

Satu hal yang penting adalah daftarlah di Server Pulsa yang terpercaya dan tidak amatir untuk memenuhi kebutuhan saldo pulsa elektrik dan transaksi pulsa. Kita bisa melihat dari segi tampilan website nya, antara server yang amatir dan memiliki reputasi.

4. Mulai Jualan dan Promosi

Lokasi berdirinya konter bukan menjadi satu-satunya cara Anda untuk mendapatkan banyak pelanggan. Harga jual pulsa yang menarik menjadi cara lainnya yang mampu memikat hati pelanggan. 

Harga jual pulsa yang mahal akan berdampak pada jumlah pelanggan yang datang ke konter pulsa tersebut. Mereka akan segan datang ke konter tersebut akibat terlalu mahalnya harga pulsa yang dimiliki oleh konter tersebut. Anda harus memastkan bahwa harga pulsa yang Anda tawarkan kepada pelanggan merupakan harga pulsa yang pantas. Jangan menjual pulsa dengan harga yang terlalu mahal karena akan mendatangkan kerugian mengingat pulsa telah menjadi kebutuhan pokok.

Jangan lupa adakan undian-undian berhadiah untuk menarik pelanggan. Contoh hadiah yang bisa disiapkan untuk pelanggan anda bisa berupa Power Bank, Handsfree, Headphone, Speaker Bluetooth atau bahkan Handphone yang nilainya menarik. Hadiah bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Bila tidak ada modal, anda bisa memberikan hadiah pulsa gratis kepada 5 orang yang beruntung setiap bulannya.

Cara membuka usaha konter pulsa di atas hendaknya diperhatikan dengan baik. Usaha konter pulsa akan berjalan dengan baik apabila Anda menjalankan semua cara yang telah dijelaskan di atas. 

Sekedar tambahan informasi, pada saat Anda menentukan lokasi konter, ada hal lain yang harus Anda perhatikan. Selain lokasinya yang strategis, usahakan jika lokasi konter tersebut memiliki lahan yang lebih. Lahan lebih tersebut nantinya digunakan sebagai tempat parkir para pembeli. 

Konter yang dilengkapi dengan lahan parkir biasanya lebih disukai oleh pelanggan karena motor atau mobil mereka dapat diletakkan pada tempat yang seharusnya. Jalan raya tidak akan terganggu aktifitasnya jika motor atau mobil yang mereka parkirkan terletak pada tempat yang seharusnya.


Lihat juga : Keuntungan dan Kerugian Bisnis Agen Kuota Internet!

0 komentar