Inilah 4 Penyebab Registrasi Kartu Perdana Selalu Gagal

Deskripsi: Registrasi Kartu Perdana Gagal adalah kasus yang sudah biasa terjadi pada pelanggan untuk semua operator. Anda bisa mencegah hal tersebut melalui tips ini.

Anda yang mengalami registrasi kartu perdana gagal harus bisa mengetahui alasan mengapa pendaftaran Anda ditolak. Pastinya ada banyak faktor yang bisa menyebabkan kegagalan tersebut dan Anda harus mengetahuinya. Apabila Anda sudah mengetahui letak keseluruhan faktor tersebut, maka mencari solusinya akan menjadi lebih mudah.

Masalah Tidak Bisa Registrasi Kartu  Perdana


Ada banyak kiat-kiat yang bisa diterapkan untuk bisa mengatasi masalah tersebut. Saat seluruh kiat tersebut sudah dijalankan, bisa dipastikan bahwa registrasi kartu perdana Anda akan berjalan dengan baik. Anda juga bisa lho menyebarkan kiat ini untuk beberapa keluarga maupun teman yang juga belum registrasi kartu perdana agar tidak kena blokir.

Beberapa Faktor Penyebab Kegagalan Registrasi Kartu Perdana Gagal

Ada banyak sekali orang yang juga mengalami kegagalan pada saat registrasi kartu perdana. Jadi Anda tidak sendirian yang mengalami hal tersebut. Hal ini juga sudah banyak dibahas mulai pada 2018 oleh Kominfo. Paling tidak ada 4 faktor yang harus diperhatikan mengapa seseorang bisa gagal dalam melakukan registrasi kartu perdana.

  1. Kemungkinan suatu KTP maupun nomor KK sudah kena blokir oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil akibat ditemukannya adanya data ganda
  2. Salah memasukkan nomor KK atau KTP pada saat pendaftaran. Sisanya tinggal lihat proses langkah untuk bisa registrasi dengan sukses. Bisa juga salah memasukkan nomor KK setelah berpindah KK. Saat pindah tempat tinggal sudah pasti nomor KK akan otomatis ganti dan ini sering terjadi saat seseorang tertukar dengan nomor KK yang lama.

    Memasukkan nomor KK yang salah dapat menyebabkan registrasi kartu Anda gagal dan berujung pada pemblokiran. Pastikan Anda memasukkan KK yang terbaru saat registrasi.

    Kematian salah satu kepala keluarga juga dapat menyebabkan terjadinya pergantian nomor KK. Setelah mengetahui seluruh faktor penyebab kegagalan registrasi kartu perdana Anda, maka Anda bisa mencegah terjadinya pemblokiran dengan melaksanakan proses registrasi seperti yang dicantumkan di bawah ini.
  3. Kartu Perdana sudah expired, ini yang sering juga tidak kita sadari. Bisa kita lihat tanggal pada kartu perdana baru saat membelinya di konter.

    Penyebab Registrasi Kartu Tri Gagal karena Expired

    Contoh pada gambar berikut diatas, Perdana Tri Janet sudah melewati batas waktu registrasi. Ketika anda paksa daftarkan pakai Nomor KK dan KTP apapun tetap tidak akan bisa....
  4. Sebelumnya Kominfo membatasi registrasi 1 NIK KTP tidak boleh digunakan untuk registrasi lebih dari 3 x. Namun sejak tahun 2018, batasan itu sudah dicabut jadi pembeli bisa registrasi banyak kartu hanya dengan 1 NIK KTP pribadinya. Hal terpenting adalah NIK dan No KK harus asli agar proses registrasi berhasil.....

    Tetapi, bisa saja peraturan Kominfo yang membatasi registrasi 1 NIK tidak boleh registrasi lebih dari 3 x masih berlaku bagi operator tertentu. Jadi anda bisa mengantisipasinya, setiap kali ganti Kartu baiknya di Unreg dahulu. Ini bermanfaat juga agar Kartu yang berisi identitas registrasi anda tidak disalahgunakan orang lain, apabila kebetulan ada yang memungut dan menggunakannya setelah anda buang.
  5. Handphone tidak bisa membaca kartu. Ini pernah saya alami ketika dulu masih menjaga konter. Solusinya adalah, coba registrasi di Handphone lain atau di Slot SIM 2 bila sebelumnya di Slot SIM 1 tidak bisa. 
  6. Sinyal operator lemah. Ini juga pernah saya alami, meskipun sangat jarang. Terkadang saya tidak mendapatkan sinyal sama sekali alias "no signal". Saya pikir kartunya bermasalah, karena sudah dicoba dibanyak handphone tetap tidak bisa. Tetapi setelah saya naik ke lantai 2 rumah sinyal muncul. Kasus ini terjadi saat hendak registrasi kartu Perdana Tri.  


Tips Melakukan Registrasi Kartu Perdana

Anda sudah memahami tentang faktor penyebab kegagalan registrasi kartu perdana, maka Anda harus mengetahui proses untuk terjadinya pemblokiran saat registrasi. Beberapa faktor tersebut akan dapat Anda lihat sebagai berikut. Pertama adalah periksa ulang setiap informasi yang akan digunakan untuk registrasi ke nomor 4444 dimana setiap perusahaan operator seluler punya format sendiri.

Anda perlu cari tahu terlebih dahulu mengenai format tersebut. Kedua yaitu mengirim SMS untuk registrasi Anda paling tidak 5 kali saat data yang dikirim sudah benar dan masih dianggap tidak valid. Tidak akan ada pemotongan pulsa untuk registrasi.

Ketiga adalah cobalah untuk melakukan registrasi melalui website operator yang akan digunakan. Cara ini akan lebih mempermudah Anda dalam melakukan registrasi, karena Anda akan mendapatkan petunjuk dengan lebih mudah untuk proses registrasi kartu perdana. Setiap jenis kartu perdana selalu memiliki gerai operator.

Apabila Anda sudah menerapkan langkah 1, 2, 3 sampai 6 dan masih menemukan kegagalan registrasi, maka Anda perlu datang ke gerai operator. Anda akan bisa meminta bantuan mereka untuk menemukan solusi dari permasalahan registrasi kartu perdana Anda.

Apabila Anda sudah mengetahui seluruh faktor penyebab kegagalan pendaftaran kartu perdana, maka Anda akan dapat lebih mengurangi resiko hal tersebut. Saat kartu perdana Anda sudah aktif, maka Anda bisa nih mencoba untuk berbisnis pulsa sendiri. Kasus registrasi kartu perdana gagal ini bukan sudah banyak terjadi, sehingga perlu tahu kiat ini daripada harus kena blokir dari pihak Dinas. 

0 komentar