Monday, 8 October 2018

Pengalaman Unreg Kartu Smartfren, Ada yang Unik!

Tahukah anda, dengan membatalkan registrasi kartu smartfren maka semua layanan yang ada pada kartu smartfren tidak bisa dinikmati kembali (tidak aktif).

Namun, disini kami ingin membagikan pengalaman setelah melakukan unreg kartu smartfren. Jadi ini benar-benar informasi yang sudah dilakukan. Ternyata kami menemukan hal unik yang nanti akan diceritakan.

Ketika menggunakan kartu kuota smartfren (perdana kuota) yang sudah diaktifasi, kuota internet tersebut baru masuk dan dapat digunakan. Setelah sekitar 14 hari pemakaian, sisa kuota adalah 200MB. Saat itu kami putuskan untuk coba deaktivasi (unreg) registrasi kartu. Setelah unreg, kami berniat membuang kartu tersebut dan membeli perdana kuota smartfren baru (sekali pakai).

Artikel menarik lainnya : Sudah Tahu ? Begini Cara Registrasi Kartu Perdana pakai Kartu Keluarga!

Ada 3 cara unreg kartu Smartfren yang kami tahu yakni melalui :

  1. Aplikasi MySmartfren
  2. Website mysf.id/unreg
  3. SMS ke 4444.

menu Unreg Kartu pada aplikasi Mysmartfren
Unreg Kartu via Aplikasi MySmartfren

Kekurangan unreg via aplikasi adalah harus ada koneksi internet. Kami mencoba unreg kartu via aplikasi karena kebetulan sudah menginstallnya. Tips agar log in ke aplikasi MySmartfren sesuai nomor kita secara otomatis, pastikan settingan Preferred SIM pada handphone anda untuk panggilan, sms dan data seluler memakai kartu SIM Smartfren. 

Setelah masuk, silahkan pilih menu Fitur (lihat gambar screenshoot diatas) dan klik Batal Registrasi Prabayar. Kemudian akan muncul kolom :
  • Nomor Smartfren
  • NIK (yang didaftarkan)
  • Captcha

Form yang Harus Diisi dan lengkapi untuk Unreg Kartu Smartfren
Form yang Harus Diisi untuk Unreg Kartu Smartfren

Silahkan anda isi dengan lengkap dan benar. Lalu klik Unreg, tidak lama kemudian akan ada notifikasi sms Penghentian Layanan Sementara yang menandakan bahwa proses Unreg Kartu berhasil dilakukan. 

Ini mengakibatkan semua layanan mulai dari sms, telpon, internet dsb tidak bisa diakses.


Ada Hal Unik

Setelah proses Unreg seharusnya semua layanan tidak bisa diakses, termasuk fasilitas Internet (meskipun masih ada sisa kuota). 

Kami malah mengalami hal sebaliknya, "internetan masih dapat diakses" namun aplikasi MySmartfren langsung tidak bisa diakses (yang kami alami loading terus). Tentunya anda pasti heran. Setelah restart hp (dimatikan dahulu), barulah internetan tidak dapat diakses. 

Apakah ini sebuah kebetulan ? atau memang sistem tersebut belum sempurna. Pada intinya, semua layanan akan menjadi tidak dapat diakses juga sih ^_^.

Semoga informasi yang berdasarkan pengalaman pribadi ini bisa bermanfaat bagi pengguna yang hendak Menonkatifkan atau Unreg Pendaftaran kartu Smartfren.

Anda Wajib Baca : Registrasi Kartu Perdana Baru Masih Rawan Manipulasi ! Ini Alasannya!




0 comments