Friday, 3 November 2017

Ini Loh Penyebab SMS Telat Masuk

Pernah mengalami SMS yang telat masuk atau pending? Memang, SMS yang pending seringkali menjadi masalah yang sangat menyebalkan. Sebab hal tersebut dapat menyebabkan informasi yang ingin dikirimkan kepada orang lain menjadi terhambat. 

Apalagi jika informasi tersebut penting, tentu saja masalah SMS yang telat masuk ini menjadi hal yang harus benar-benar segera diatasi. Bagaimana tidak? Terkadang ada orang yang SMS saat ini, tapi sampai ke penerimanya beberapa jam bahkan beberapa hari setelah dikirim. 

Hal tersebut tentunya akan menyebabkan keluhan-keluhan dari pihak penerima yang mengganggap bahwa Anda tidak memiliki sikap yang baik karena lama membalas SMS. Bagi pengirimnya, tentu SMS yang pending sangatlah menjengkelkan. 


Prosedur Pengiriman SMS dan Cara Mengatasi SMS yang Telat Masuk


Seperti yang diketahui bahwa pengaturan kiriman SMS sekarang tidak seperti jaman dulu yang hanya menggunakan pengiriman dengan (transmisi) suara. Paslanya, SMS terkini sudah menggunakan sistem simpan dan teruskan (store and forward). 

Agar bisa mengetahui penyebab SMS yang telat terkirim, Anda harus tahu pola pengiriman SMS terlebih dahulu. Jadi, pesan yang akan dikirimkan oleh pengguna dimasukkan dalam BTS atau Base Transceiver Station. Selanjutnya, SMS tersebut masuk pada jaringan menuju MSC atau Mobile Switching Center. 

Penyebab SMS sering Terlambat Masuk

Apabila pengiriman dilakukan menuju operator lainnya atau disebut dengan istilah lintas operator, maka SMS yang dikirim harus melewati pintu gerbang atau gatewayterlebih dahulu. Barulah dari gateway tersebut SMS dikirimkan dan diteruskan oleh pihak operator agar bisa ditangkap oleh pihak operator tujuan sehingga SMS dapat diserahkan secara langsung kepada pelanggannya. Dan ternyata, ada banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan keterlambatan SMS. Penasaran apa saja? Inilah ulasan lengkapnya.

1. Jumlah SMS
Sebenarnya, pengolahan SMS operator memiliki peranan yang cukup penting dalam keterlambatan pengiriman SMS. Cepat lambatnya pengiriman SMS juga terpengaruh dari jumlah SMS yang Anda kirimkan dan diolah operator. Hal ini terlihat sejak berkembangnya SMS lintas operator. Dimana trafik dari SMS operator GSM diketahui meningkat drastis. Sehingga menyebabkan SMS terlambat terkirim ke penerimanya.

2. Kapasitas operator
Tahukah Anda bahwa masing-masing operator didukung dengan kapasitas SMS yang berbeda-beda. Jadi jika ada salah satunya yang tidak optimal dalam menyediakan kapasitas SMS kepada pelanggannya, maka jangan heran jika komunikasi yang dilakukan bisa bermasalah. Apabila ada saja salah satu operator yang diketahui tidak menyediakan kapasitas SMS yang optimal maka SMS sangat mungkin terlambat selama berjam-jam bahkan adapula yang berhari-hari. Semua tergantung dari kapasitas trafik operator. 


3. Sinyal berada di luar jangkauan
Penyebab lainnya adalah sinyal ponsel yang ada di luar jangkauan. Ada tiga kemungkinan yang terjadi saat sinyal di luar jangkauan. Pertama ponsel dalam kondisi mati. Dan yang kedua adalah ponsel nyala tapi jaringan operator dalam kondisi yang tidak baik dalam menjangkau sinyal. Akibatnya, kiriman SMS tidak masuk atau telat. Kemungkinan yang ketiga adalah ponsel dalam kondisi yang bermasalah sehingga jangkauan sinyalnya sangat lemah.

4. Pengaturan
Penyebab selanjutnya adalah pengaturan SMS pada ponsel yang tidak benar. Masing-masing operator memiliki SMS Center yang berbeda. Jadi, pastikan jika SMS Center yang diaplikasikan pada ponsel Anda benar.

5. Sumberdaya Memori
Penyebab lainnya adalah sumberdaya memori yang minim. Umumnya, file SMS ada di dalam memori internal. Jika memori internal penerima penuh, bisa jadi SMS tidak akan masuk atau diterima.


Penulis : WI

0 comments