Thursday, 12 October 2017

Cara Mengatasi SMS Pending atau Lama Terkirim

Pernahkah Anda mengalami SMS yang pending atau lama terkirim? Padalah Anda dan penerima SMS menggunakan operator yang sama. Jika ya, maka Anda harus benar-benar mengatasi masalah tersebut. 
Tips Mengatasi SMS Lama Masuk
gambar : pixabay.com

Karena terkadang, SMS yang pending bisa menyebabkan adanya kesalahpahaman antara pengirim dengan penerima. Sebelum membahas tentang cara mengatasi SMS yang pending, Anda harus memahami hal-hal apa saja yang menyebabkan SMS lama diterima. Sebenarnya, ada banyak penyebab SMS pending. 

Beberapa diantaranya adalah SMS Center dalam ponsel yang tidak benar, ponsel bermasalah, sinyal yang tidak dapat dijangkau, sumberdaya memori yang minim dan lain sebagainya. Melihat banyaknya penyebab SMS pending, maka jangan heran jika cara mengatasinya pun beragam. 

Inilah Cara Mengatasi SMS Pending yang Harus Anda Ketahui


1. Setting SMS di ponsel

Cara pertama adalah dengan melakukan Setting SMS di ponsel. Umumnya, masyarakat kurang mengoptimalkan penggunaan fasilitas dan fitur ponsel. Padahal, fasilitas dalam ponsel bisa membantu penggunanya untuk mengirim ulang SMS pada jangka waktu tertentu apabila SMS yang dikirimkan belum diterima. 

Cara pengecekkan atau setting SMS juga sangat mudah. Hanya saja Anda harus menyesuaikannya dengan operator yang digunakan. Karena masing-masing operator memiliki kode nomor yang berbeda-beda. Hal yang perlu Anda lakukan adalah masuk pada bagian menu lalu pilih “pesan”, lanjut ke Profil pesan. Kemudian, pilih Profil 1 dan ubah setting pada pusat pelayanannya. Ketikkan nomor kode operator Anda.

2. Sinyal 

Cara kedua adalah Anda pastikan jika sinyal ponsel Anda dan penerima dalam kondisi yang bagus dan stabil. Sinyal yang bagus adalah ketika sinyal menunjukkan tiga garis batang atau lebih. Untuk memastikan apakah sinyal ponsel Anda dalam keadaan bagus atau tidak, Anda bisa mengirim SMS pada teman dengan operator lain atau pada nomor sendiri. Jika sinyal Anda memang tidak bermasalah maka SMS tentunya akan terkirim dengan baik. Jadi kesimpulannya ternyata ada pada penerima SMS Anda. 

Bisa jadi ponsel penerima dalam kondisi mati atau tidak bisa menjangkau sinyal dengan baik. Mungkin juga nomor penerima sedang mengalami trouble sehingga tidak bisa mendapatkan atau mengirim SMS. Karena kurang stabil sinyal dan SMS yang terlalu penuh juga seringkali membuat SMS tidak bisa masuk sebagaimana mestinya.

Jika saat dicek masalah ada pada ponsel Anda, cobalah untuk melakukan restart pada ponsel.  Hal ini dilakukan agar ponsel bisa mencapatkan sinyal yang stabil. Apabila SMS tidak juga terkirim, maka sangat mungkin jika simcard Anda yang bermasalah.

3. Coba Kirim SMS Menggunakan Nomor Lain

Cara lain untuk mengetahui penyebab SMS pending adalah mencoba mengirim pesan menggunakan nomor/sim card operator lain bila perlu yang sama dengan simcard operator si penerima. Jadi, saat Anda mengirim SMS menggunakan operator A tapi penerima menggunakan operator B, terkadang sering mengalami keterlambatan, karena masing-masing simcard memang memiliki pusat SMS yang berbeda-beda. 

Cobalah mengganti Simcard Anda sesuai dengan Simcard penerima. Jika SMS masih bermasalah maka Anda harus melakukan service pada ponsel. Bisa jadi, penyebabnya ponsel anda yang mengalami masalah sehingga tidak bisa menjangkau sinyal atau terjadi kerusakan.

4. Telepon operator

Apabila setelah melakukan semua cara tidak berhasil, langkah yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah menelepon pihak operator. Mintalah informasi dan penjelasan tentang nomor pusat pengolahan untuk SMS yang bisa dihubungi. 

Dan tanyakan, ada masalah apa dengan simcard Anda sehingga selalu mengalami masalah tentang keterlambatan SMS tersebut. Tentu saja, Anda harus memastikan bahwa pulsa simcard dalam kondisi penuh untuk melakukan panggilan.

Penulis : WI

0 comments