Saturday, 16 September 2017

Tarif Internet yang Mahal atau Daya Beli Orang Indonesia yang Rendah ?

Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang berada di kawasan asia tenggara. Sebagai negara berkembang, daya beli masyarakat Indonesia masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan negara negara lain. Hal ini tentu sangat berpengaruh dengan harga barang barang kebutuhan yang ada di Indonesia. 

Tarif Internet yang Mahal

Tidak heran jika turis turis asing dari luar negeri, terutama dari negara negara maju yang berkunjung ke wilayah Indonesia sangat heran dengan harga barang barang kebutuhan yang dijual di Indonesia. Salah satu kebutuhan manusia adalah komunikasi. Komunikasi yang dilakukan masyarakat saat ini kebanyakan menggunakan berbagai media seperti handphone dan sebagainya. Selain itu media sosial juga digunakan sebagai media hiburan dan eksistensi terutama bagi para kaum muda di Indonesia. tidak dipungkiri bahwa harga paket internet di Indonesia tergolong murah dibanding negara lain. 

Namun bagi beberapa orang di Indonesia masih menganggap harga paket internet yang ditawarkan oleh beberapa perusahaan operator komunikasi di Indonesia ini masih tergolong mahal. Padahal memang harga paket data di negara lain malah jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan di Indonesia. Hal ini mungkin salah satunya disebabkan oleh daya beli masyarakat indonesia yang masih rendah. 

Salah satu penyebab selain daya beli masyarakat indonesia yang masih tergolong rendah, kebanyakan masyarakat indonesia terutama anak-anak muda, dianggap masih belum bijak dalam mengatur penggunaan paket data internet yang membuat pemakaianya semakin boros dan mahal. sebagai konsumen yang baik dan cerdas, seharusnya kita mampu menyesuaikan kebutuhan kita dengan kemampuan yang kita miliki. 

Beberapa tips berikut ini dapat kamu lakukan agar paket data kamu tidak cepat habis dan tidak boros pastinya :
  • Saat melakukan browsing internet, lakukan kompres seperti gambar dan video agar tidak terlalu banyak memakan kuota paket data.
  • Hindari aplikasi yang memakan data bayak. Aplikasi sosial media saat ini memang banyak memakan kuota paket data anda. Usahakan membuka aplikasi seperti ini kadang kadang saja, jangan terlalu sering apalagi hingga lupa waktu. 
  • Gunakanlah aplikasi dan game offline. Untuk mengisi waktu luang, anda dapat menggunakan aplikasi seperti game offline agar tidak mengurangi kuota paket data anda.
  • Batasi penggunaan data backgroud. Backgroud data ini berjalan tanpa sepengetahuan anda. jadi sebaiknya anda membatasi background data yang berjalan pada ponsel pintar anda. ini bisa anda lakukan di bagian setting.
  • Masukan daftar musik favorit di Hp anda. Memang menggunakan aplikasi streaming musik memanglah sangat mudah dan simple. Namun akan lebih mudah jika anda memasukan file file musik kesukaan anda di hp anda dan dapat memainkanya kapan saja. Setidaknya kuota untuk streaming musik anda dapat berkurang.

Saat ini di Indonesia perkembangan provider internet atau perusahaan penyedia layanan jasa komunikasi berbasis internet terbilang sangat ketat. Berbagai perusahaan memiliki bermacam macam siasat untuk dapat menarik para pelangganya. 

Mulai dari banting harga hingga penawaran promo promo yang sangat menarik. Khusus untuk promo promo ini sebaiknya anda membeli suatu barang jika anda membutuhkanya saja.. termasuk juga dengan promo promo paket data yang ditawarkan banyak provider ini. 

Jika anda tidak atau belum membutuhkan untuk membeli paket data baru sebaiknya and tidak terpancing dengan promo promo tersebut. karena justru dengan anda membeli promo diluar kebutuhan anda, anda justru menambah pengeluaran pada pembelian paket data tambahan meskipun berupa promo.

Penulis : WI

0 comments