Saturday, 23 September 2017

Sentul City Pasang Fiber Optic Bersama Telkom

Demi mewujudkan pembangunan kota yang modern dan “melek” tentang teknologi terkini, PT Sentul City,  PT Telkom Indonesia dan PT Akses Prima Indonesia diketahui telah menjalin kerjasama terkait dengan penyelenggaraan penyediaan pembangunan infrastruktur serta layanan multimedia dan telekominasi dengan basis fiber optic. 

Sentul City Memasang Fiber Optic Bersama Telkom

Pembangunan infrastruktur dan layanan tersebut akan diterapkan di Bogor, khususnya Sentul City. Kerjasama tersebut ditandatangani oleh Presiden Direktur dari PT Sentul City yakni Keith Steven Muljadi,  Executive Vice President PT Telkom dalam Regional 2 Jabotabek yaitu Teuku Muda Nanta, dan Presdir PT API yaitu Gunung Kartiko secara langsung di Sentul Highlands Golf, Bogor pada hari Selasa (18/7). 

Saat ditemui oleh media, Steven memberikan penjelasan bahwa visi Sentul City sendiri adalah untuk menjadi sebuah perusahaan properti terbaik yang akan dijadikan sebagai pilihan pertama untuk para pihak dan pelanggan yang berkepentingan terhadap peningkatan taraf atau kualitas hidup mereka. Untuk mewujudkannya, salah satu hal yang akan dilakukan adalah dengan memperbaiki serta membangun infrastruktur telekomunikasi menggunakan teknologi terkini di area Sentul City. 

Kerjasama Sentul City Bersama Telkom untuk Pembangunan dan Pemasangan Fiber Optic


Kerjasama ini tentunya tidak akan diragukan oleh siapapun karena perusahaan-perusahaan yang diajak bekerja sama memang sudah terkenal dan terkemuka. Konsorsium API-Telkom, tentunya akan mampu membangun infrastruktur dengan basis Fiber Optic agar bisa sampai ke pengguna akhir yakni gedung-gedung, kantor bahkan rumah-rumah yang ada dalam kawasan Sentul City. 

Kerjasama tersebut juga mencakup pembangunan BTS agar jangkauan sinyal yang didapatkan dari operator telekomunikasi semakin kuat dan luas. Demi meningkatkan kenyamanan, ketertiban dan keamanan di kawasan Sentul City, dibangun pula sebuah sistem kamera keamanan atau CCTV yang terpadu dan terpusat dalam satu komandi agar bisa mencakup semua area dalam kawasan Sentul City.

Baca juga : Mari Kita Dukung OTT Buatan Anak Bangsa!

Poin penting dalam kerjasama ini memang bertujuan agar ada keselarasan antara pembangunan dan teknologi dalam hal Smart City Establishment. Dimana seperti yang diketahui bahwa konsep tersebut memang tengah dikembangkan oleh kota Sentul City agar menjadi kota pintar yang sadar dan paham terhadap konektivitas teknologi informasi terkini. Konektivitas tersebut akan menghubungkan, memadukan, mengendalikan dan memonitor berbagai macam sumber daya dalam kota agar lebih efesien dan efektif. 

Tujuannya adalah agar terbentuk pelayanan yang maksimal terhadap warga dan mendukung proses pembangunan kota yang berkelanjutan. Dengan begitu, bukan hanya taraf dan kualitas hidup masyarakatnya saja yang akan meningkat, tapi Sentul City juga bisa menjadi pusat kota yang terkenal di bidang pendidikan, penelitian dan industri kreatif.

Telkom dan API sebagai salah satu perusahaan besar yang menggeluti bidang teknologi informasi dan juga telekomunikasi bisa menerapkan semua kreativitas dan hasil-hasil inovasinya dengan tepat saat melakukan kerjasama dengan pihak PT. Sentul City Tb. Pihak Telkom sendiri mengatakan bahwa kota mandiri atau kota pintar Sentul City diketahui memang memiliki prospek ke depan yang sangat bagus.

Menarik juga dibaca : Sebenarnya Tarif Internet yang Mahal atau Daya Beli Kita yang Rendah ?

Hal tersebut bisa menjadikan area Sentul City berkembang menjadi Digital City. Sekarang ini, diketahui bahwa memang sudah banyak masyarakat yang telah memakai IndiHome untuk memenuhi kebutuhan broadband-nya. Saat ini, pelanggan IndiHome yang ada telah mencapai dua juta. Dengan adanya kolaborasi dengan Sentul City, pihak Telkom berharap ahwa target akhir tahunnya untuk menembus angka 3 juta bisa tercapai. Banyak pihak berharap bahwa keberadaan infrastruktur fiber optic berkualitas ini dapat menjadi nilai dukung untuk perkembangan Sentul City di masa yang akan datang.


Penulis : WI
Sumber Gambar : Wikimedia Org

0 comments