Wednesday, 30 August 2017

Inilah Perbandingan Kecepatan Jaringan 4G dan 5G

Akhir tahun 2016 yang lalu, Sebagian masyarakat Indonesia pengguna Internet dibuat kagum dengan teknologi jaringan generasi ke 4 atau biasa kita kenal sebagai teknologi 4G. Jaringan 4G ini memiliki kemampuan speed internet hingga 100 Mbps yang berarti kita dapat mendownload film sebesar 1GB hanya membutuhkan waktu satu menit. Namun di Indonesia, kecepatan jaringan 4G ini mungkin hanya berkisar 1 hingga 10 MBps saja. 

Perbandingan 4G dan 5G

Hal tersebut disebabkan karena sarana dan prasarana pendukung jaringan 4G ini belum tertata dengan baik dan juga masih belum merata menjangkau seluruh wilayah. Di Indonesia jaringan 4G belum merata tapi perkembangan jaringan ini terus melaju pesat. 

Hingga saat ini telah muncul terobosan di bidang jaringan komunikasi dunia berupa 5G atau generasi ke lima. Jaringan yang satu ini diklaim memiliki kecepatan sepuluh kali lipat dibandingkan dengan jaringan 4G. Artinya jaringan 5G ini memiliki kecepatan hingga 1000 Mbps atau 1Gbps. 

Bayangkan saja, untuk mendownload film dengan kualitas standar sebesar satu Giga, hanya memerlukan waktu satu detik saja. Dengan kecepatan sebesar ini, jaringan 5G sangat dinanti para pengguna internet di dunia dan kabarnya jaringan ini akan bisa digunakan mulai tahun 2018. Selain perbedaan kecepatan yang semakin mencolok, kedua jaringan ini memiliki beberapa perbedaan lainya.


Teknologi jaringan 4G ini merupakan sistem jaringan IP adress yang terintegrasi penuh. Selain itu teknologi ini di klaim memiliki tingkat kualitas premium, tingkat keamanan tinggi dan harganya yang terjangkau. Seperti yang terjadi di Indonesia saat ini, harga kuota untuk jaringan 4G dari berbagai operator hampir semua memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga kuota 3G atau generasi sebelumnya. 

Namun sayangnya, hingga saat ini jaringan 4G di Indonesia hanya bisa diakses di kota kota besar saja. Banyak daerah daerah yang masih belum terjangkau oleh sinyal jaringan 4G ini. Jaringan ini diciptakan dengan tujuan dapat memberikan kualitas receiver yang lebih baik, transmisi data yang lebih stabil dan tentunya lebih cepat. Secara garis besar, berikut ini perbedaan jaringan 4G dan 5G :
  • Kecepatan 4G mencapai 100 Mbps sedangkan 5G memiliki kecepatan mencapai 1Gbps. Perbedaanya hingga 10 kali lipat.
  • Untuk kecepatan download, kecepatan 4G memiliki rata rata 5 Mbps sedangkan 5G memiliki kecepatan download yang diperkirakan dapat mencapai 1Gbps. Perbedaan yang sangat besar pula pada kecepatan download kedua jaringan ini
  • Jaringan 4G sudah bisa dinikmati di Indonesia meskipun belum merata
  • Jaringan 5G diperkirakan bisa digunakan di Indonesia pada tahun 2020 meskipun ada perusahaan komunikasi dunia yang ingin mengembangkan 5G agar dapat digunakan pada tahun 2018.

Perlu kita ketahui juga bagaimana perkembangan jaringan komunikasi yang terjadi sebelum hadirnya teknologi 4G. Jaringan generasi pertama muncul pada awal 1980. Kemudian muncul jaringan 2G yang dikenalkan pada tahun 1990 an. Jaringan 2G ini biasa kita gunakan pada handphone yang hanya bisa digunakan untuk sms dan telepon saja. Kemudian jaringan 3G mulai merata di dunia pada kisaran tahun 2000. 


Jaringan 3G ini memungkinkan perangkat komunikasi berbasis multimedia. Baru munculah 4G yang memiliki kualitas dan kecepatan lebih dibandingkan 3G. Untuk teknologi 5G sendiri, yang kabarnya akan bisa digunakan pada tahun 2018. Bisa kita bayangkan betapa pesatnya perkembangan teknologi komunikasi di dunia ini. Karena teknologi 5G ini memiliki kecepatan jaringan mencapai 10 kali lipat dari kecepatan yang dimiliki jaringan 4G

0 comments