-->

Wajib Diketahui 5 Kelebihan dan Kekurangan Usaha Konter Pulsa

Untuk memperoleh pendapatan, seseorang dapat menjalankan usaha apa saja. Salah satu usaha yang banyak dilakukan oleh masyarakat saat ini adalah usaha konter pulsa. Kebutuhan masyarakat akan pulsa yang selalu meningkat membuat menjamurnya konter pulsa di berbagai wilayah. Tidak hanya di perkotaan saja, kini konter pulsa banyak berdiri di pedesaan. Dengan adanya konter pulsa tersebut, masyarakat perkotaan dan pedesaan dapat mendapatkan pulsa dengan mudah dan cepat. Selain memberikan dampak bagi masyarakat pengguna pulsa, konter pulsa juga dapat berimbas terhadap pemilik usaha itu sendiri.
Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangan Usaha Pulsa

Pemilik konter pulsa akan memperoleh pendapatan yang nantinya dapat digunakan untuk memenuhi segala kebutuhan dari pemilik konter pulsa tersebut. Seperti jenis usaha yang lainnya, bisnis konter pulsa tidak hanya akan mendatangkan keuntungan saja, ada beberapa kekurangan dan hambatan yang nantinya akan dihadapi oleh pengusaha konter pulsa. 

Informasi mengenai 5 kelebihan dan kekurangan usaha konter pulsa perlu diketahui oleh mereka yang ingin menjalankan usaha penjualan pulsa. Penjelasan tersebut akan memberikan gambaran mengenai usaha, proses usaha dan dampak apa yang kemungkinan terjadi selama menjalankan usaha konter pulsa tersebut. Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan usaha konter pulsa yang wajib diketahui oleh para pelaku usaha konter pulsa :

Kelebihan :

1. Modal usaha yang ringan

Banyak orang yang beranggapan bahwa menjalankan sebuah bisnis membutuhkan modal yang besar. Anggapan tersebut tidak berlaku bagi usaha konter pulsa. Usaha konter pulsa hanya membutuhkan nilai deposit yang rendah serta handphone yang dapat digunakan untuk mengirim pesan. Hanya dengan nilai deposit sebesar Rp. 50.000, pengusaha konter pulsa dapat langsung menggunakan deposit tersebut sebagai saldo awal. 

Contohnya, bagi anda yang sedang mencari agen pulsa Bogor bisa mendaftar di TimiPulsa.com dimana deposit saldo minimal hanya 50 ribu. Anda yang berada di luar kota Bogor seperti Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa dan Papua bisa juga bergabung di Timi Pulsa.

2. Tidak memerlukan tempat khusus

Usaha konter pulsa tidak memerlukan tempat yang khusus. Hanya dengan tempat jualan seadanya, pengusaha pulsa dapat langsung menjalankan bisnisnya. Tidak memerlukan tempat yang luas dan besar, usaha konter pulsa dapat berlangsung dengan lancar selama lokasinya strategis. Apalagi bagi anda yang hanya berjualan pulsa elektrik, tidak usah memikirkan tempat karena bisa dilakukan secara mobile.

3. Minim akan resiko

Bisnis pulsa minim akan resiko. Jumlah saldo yang didepositkan tidak akan hilang atau kadaluarsa seperti pulsa. Bisnis pulsa tidak dibatasi dengan tren yang akan berubah setiap waktunya. Namun bila anda berjualan kartu perdana biasanya ada masa expired dan tentunya bisa dengan mudah diatur manajemen stok nya.

4. Pangsa pasar yang luas dan sangat dibutuhkan

Pulsa merupakan kebutuhan sehari-hari dan harus dipenuhi. Kini, masyarakat tidak akan bisa lepas dari handphone. Mereka membutuhkan pulsa agar terhubung dengan orang lain. Saat pulsa mereka habis, mereka pastinya akan melakukan pengisian pulsa kembali.

5. Dapat dipromosikan dengan cara yang mudah

Konter pulsa dapat dipasarkan dengan cara yang mudah. Hanya dari sebuah perbincangan ringan, konter pulsa akan dikenal oleh masyarakat umum. Kita juga bisa mempromosikan ke teman-teman di sosial media serta dapat membuat sebuah website top up isi pulsa online otomatis agar penjualan meningkat pesat. 


Kekurangan dan Cara Mengatasinya :

1. Gangguan operator 

Sehingga tidak bisa mengisi pulsa ke nomor pembeli, bisa dijelaskan kepada pembeli dan penjualan pulsa sementara ditahan hingga normal kembali.

2. Pengisian pulsa yang lambat 

Ini terjadi bila server dari supplier sedang down atau padat, jelaskan kepada pembeli dengan memintanya untuk menunggu di rumah sampai pulsa masuk. Biasanya penjual pulsa sudah terbiasa dengan ini dan dapat menjelaskan kepada pembeli dengan baik. 

3. Banyak pembeli yang ingin hutang pulsa 

Pilih hanya orang-orang yang dipercaya dan rajin bayar. Tolak secara halus dengan alasan “Maaf lagi ga bisa mas, modalnya  ga muter soalnya maklum modal kami kecil”

4. Harus membayar sewa kios konter pulsa yang digunakan 

Cari kios murah atau untuk pemula dan pemodal kecil bisa buka konter di rumah. Anda bisa juga bekerjasama dengan pemilik rumah yang di pinggir jalan dengan bagi hasil. Namun bila anda hanya berjualan pulsa elektrik, maka tidak usah buka konter cukup berjualan secara mobile.

5. Keuntungan kecil 

Bila hanya berjualan pulsa pendapatan kecil, maka dari itu perlu juga berjualan aksesoris hp, perdana dan voucher.

Itulah penjelasan mengenai 5 kelebihan dan kekurangan usaha konter pulsa. Semoga informasi tersebut dapat menambah wawasan Anda mengenai usaha penjualan pulsa. Informasi tersebut juga dapat dijadikan referensi dalam menjalankan bisnis pulsa. Jangan takut berbisnis pulsa karena banyak keuntungan yang diperoleh melalui usaha tersebut.

0 komentar