Sunday, 5 February 2017

Bila Gagal, Coba Cara Registrasi Kartu 3 via SMS Ini

Pernah nggak kamu ngalamin kegagalan waktu registrasi kartu 3? Yups, masalah kegagalan registrasi ini merupakan salah satu masalah yang cukup banyak dialami oleh para penjual kartu perdana, baik itu konter pulsa mau pun pihak outlet resmi operator 3.

Ya meski pun sebenarnya hal ini tergolong cukup sepele, namun kalo gagal nya sampe ber kali – kali, lumayan ngebosenin juga yah.. Apa lagi biasa nya untuk bisa registrasi ulang kudu nunggu 15 menit dulu. duh.. lumayan kan waktu 15 menit nya, kalo dipake buat ngerjain yang lain, pasti bisa ngasilin duit. hehehe

Sejak akhir tahun 2015 yang lalu, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Informasi dan Telekomunikasi telah meresmikan aturan baru yang terkait dengan pendaftaran / registrasi kartu perdana.

Cara Aktivasi Kartu Perdana 3


Jika sebelum nya aktivitas registrasi kartu perdana baru ini bisa dilakukan oleh siapa saja, kini sejak berlaku nya aturan baru ini, aktivitas registrasi kartu perdana baru ini wajib dilakukan oleh pihak outlet yang menjual kartu perdana tersebut.


Ya meski pun hal ini tergolong cukup merepotkan dan tentu nya juga akan menambah beban kerja para penjual kartu perdana, namun tujuan akhir nya sangat baik kok, yaitu untuk mengurangi angka penipuan dan tindak kejahatan yang dilakukan dengan menggunakan nomer seluler.

Sayang nya, di waktu – waktu tertentu, proses pendaftaran kartu perdana ini sering kali mengalami kegagalan. Dan menurut informasi yang beredar, kegagalan registrasi ini biasa nya disebabkan oleh salah satu atau pun beberapa penyebab berikut ini:

a. Penyebab Registrasi Kartu 3 Gagal


Kondisi Jaringan yang Buruk

Penyebab gagal nya aktivitas registrasi kartu 3 yang pertama adalah kondisi jaringan 3 yang buruk. Seperti yang telah kita ketahui bersama, sampai detik tulisan ini dibuat, jaringan operator seluler 3 masih tergolong belum merata di seluruh wilayah Indonesia. Dampak nya, di daerah – daerah tertentu, konsumen yang menggunakan operator seluler 3 pun menjadi terhambat, seperti salah satu nya adalah dalam aktivitas kartu perdana.

Nah, solusi dari permasalahan ini adalah pindah ke tempat yang kondisi jaringan 3 nya lebih baik.

Jaringan Sedang Sibuk

Di waktu – waktu tertentu, meski pun kondisi jaringan seluler nya bagus tetap saja terkadang aktivitas registrasi kartu perdana 3 mengalami kegagalan. Nah, biasa nya hal ini disebabkan oleh jaringan provider yang sedang sibuk atau kasar nya lagi rame banget lah.

Jika sudah begini, Cuma ada satu solusi yang bisa dilakuin, yaitu registrasi ulang setelah menunggu beberapa saat.

HP yang Digunakan untuk Registrasi Bermasalah

Selain dua penyebab di atas, gagal nya aktivitas registrasi kartu perdana 3 bisa juga disebabkan oleh kondisi HP yang dipakai untuk registrasi bermasalah. Nah, maka dari itu, jika kondisi jaringan 3 di lokasi mu bagus namun kamu selalu gagal dalam melakukan aktivitas registrasi, kamu kudu curiga sama kondisi HP mu. Jangan – jangan si doi udah minta diganti sama yang baru tuh. Hehehe

Nah, untuk solusi nya sendiri, bila kamu mengalami kegagalan selama berulang – ulang, kamu bisa coba melakukan registrasi dengan menggunakan HP yang lain. 

b. Alternatif Cara Registrasi Kartu 3 Lewat SMS 


Normal nya aktivitas registrasi kartu 3 baru bisa dilakukan dengan memanfaatkan menu Pop Up yang muncul saat pertama kali HP dinyalakan dengan menggunakan kartu perdana 3 yang baru.

Sayang nya dalam beberapa kasus tertentu sering kali ditemukan kejadian menu Pop Up pendaftaran / registrasi tersebut tidak mau muncul. Atau dalam kasus lain nya, aktivitas pendaftaran yang dilakukan dengan menggunakan menu Pop Up terkadang juga mau mengalami kegagalan.

Jika sudah begini, mau tidak mau pihak penjual yang menjual kartu perdana 3 pun harus menggunakan alternatif cara registrasi kartu 3 lewat SMS. Jika tidak, untuk mendapatkan menu Pop Up kembali, pihak seller harus me restart HP nya terlebih dahulu yang tentu nya akan memakan lebih banyak waktu.

Nah, untuk melakukan pendaftaran / registrasi kartu 3 lewat SMS sendiri, Anda dapat mengikuti panduan berikut ini seuai aturan baru dari Pemerintah :

Ketik : 

NIK#NomorKK#

Kirim ke  4444

Keterangan :

  • NIK = yang punya KTP bisa menggunakan NIK KTP, sementara yang belum punya KTP bisa pakai NIK Kartu Keluarga
  • Nomor KK  = nomor Kartu Keluarga yang tercantum di bagian atas.


Contoh Ketik: 

14028310283#352312312#


Kirim ke 4444



c. Cara Mengecek Kartu Sudah Berhasil Diaktifkan (Registrasi) atau Belum

Normal nya, setelah kamu melakukan aktivitas registrasi / pendaftaran dengan menggunakan menu Pop Up registrasi atau pun dengan menggunakan alternatif cara registrasi kartu 3 lewat SMS di atas, kamu akan mendapatkan SMS balasan yang menandakan bahwa kamu telah terdaftar / teregistrasi.

Nah, bila setelah melakukan dua teknik pendaftaran / registrasi di atas kamu tidak mendapatkan balasan konfirmasi dari pihak operator 3, kamu bisa mengecek status registrasi kartu perdana yang kamu daftarkan / kamu registrasi dengan menggunakan fasilitas SMS.

Cara nya, kamu tinggal mengetik :  INFO 

lalu kirim ke 4444

Normal nya jika tidak ada masalah kamu akan langsung mendapatkan balasan SMS konfirmasi. Jika setelah mengirimkan SMS dengan format di atas pun kamu belum berhasil mendapatkan balasan (bahwa kartu kamu telah ter registrasi), kamu bisa menggunakan cara pengecekan manual, yaitu dengan menggunakan kartu tersebut untuk beberapa aktivitas, seperti pengecekan pulsa, pengecekan paket data internet, atau pun untuk menelpon.

Jika kartu perdana 3 milik Anda telah berhasil ter registrasi, maka dapat dipastikan kartu kamu akan bisa dipakai untuk melakukan semua aktivitas di atas. Sebaliknya bila kartu perdana kamu belum bisa digunakan untuk melakukan salah satu dari beberapa aktivitas di atas, maka dapat dipastikan kartu perdana 3 milik kamu belum berhasil ter registrasi, dan kamu harus melakukan registrasi ulang kembali dengan mengikuti panduan registrasi yang telah kami sampaikan di atas.

Nah, itu lah sedikit informasi mengenai penyebab registrasi kartu 3 gagal, alternatif cara registrasi kartu 3 lewat SMS dan cara mengecek kartu sudah berhasil diaktifkan atau belum yang bisa kami sampaikan kepada Anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!


Sumber gambar : tri.co.id

Artikel ini dipersembahkan oleh :

www.timipulsa.com
Server Pulsa 1 Chip All Operator
Berjualan Pulsa Kini Lebih Mudah, Praktis dan Hemat !!

0 comments