Wednesday, 11 January 2017

Alternatif Cara Registrasi Perdana XL yang Gagal atau Tidak Ada Balasan

Seperti yang telah kita ketahui bersama, sejak akhir tahun 2015 yang lalu (tepat nya pada tanggal 15 Desember 2015), pemerintah Indonesia telah melakukan aturan baru yang mengharuskan semua penjual kartu perdana (termasuk salah satu nya adalah kartu perdana XL) untuk melakukan pendaftaran kartu perdana yang dijual nya sesuai dengan data asli konsumen.

Dalam Surat Edaran BRTI No. 159 Tahun 2015, disebutkan bahwa, proses pendaftaran pelanggan baru prabayar WAJIB dilakukan oleh retail outlet, penjual atau pun pihak penerbit kartu perdana. Dalam hal ini, penjual kartu perdana itu harus melakukan registrasi dengan menggunakan kartu identitas asli milik konsumen (bisa KTP, SIM, Paspor, dll).

Satu hal penting yang harus digarisbawahi dalam aturan ini adalah, setiap penjual atau pun seller kartu perdana harus melakukan pendaftaran / registrasi kartu perdana sesuai dengan data asli yang dimiliki oleh konsumen yang membeli kartu perdana tersebut.

Dengan kata lain, sebelum menjual kartu perdana pada orang tertentu, setiap seller juga diwajibkan untuk memastikan bahwa konsumen / pembeli kartu perdana tersebut benar - benar menunjukkan data pribadi mereka yang asli. Hal ini sengaja diberlakukan oleh pemerintah Indonesia untuk meminimalisir berbagai macam tindak tanduk penipuan dan juga kejahatan yang dilakukan dengan menggunakan perangkat ponsel genggam yang notabene saat ini sering / sedang marak terjadi di negara Indonesia.

Normal nya, untuk melakukan pendaftaran sendiri, seller atau pun penjual kartu perdana (baik itu outlet, pihak XL atau pun pemilik konter), dapat melakukan beberapa tahapan di bawah ini: 
  1. Masukkan Simcard XL ke ponsel genggam
  2. Nyalakan ponsel genggam seperti biasa
  3. Tunggu menu pesan Pop UP registrasi muncul
  4. Isi semua data yang diminta sesuai dengan identitas asli milik konsumen
  5. Tunggu konfirmasi yang menyatakan bahwa proses registrasi atau pun pendaftaran berhasil
Sangat mudah bukan? Sayang nya, menurut informasi yang beredar, aktivitas registrasi kartu perdana oleh pihak seller kartu perdana XL ini sering kali mengalami kegagalan. Dalam hal ini, seller sering kali tidak menerima balasan yang menyatakan bahwa aktivitas registrasi atau pun pendaftaran kartu perdana XL yang mereka jual telah berhasil. Dan parah nya lagi, terkadang kegagalan ini terjadi selama berulang - ulang sehingga cukup mengganggu aktivitas kerja seller kartu perdana tersebut.

Nah, brdasarkan aktivitas surfing yang penulis lakukan di internet, penyebab registrasi kartu XL gagal adalah sebagai berikut:

Cara Aktivasi Perdana XL yang gagal atau tidak muncul pop up

a. Penyebab Registrasi Kartu XL Gagal

Jaringan XL Sedang Sibuk

Penyebab gagal nya registrasi kartu XL yang pertama adalah jaringan XL sedang sibuk. Seperti yang telah kita ketahui bersama, jumlah pengguna jaringan XL di Indonesia berada di angka puluhan juta pengguna, sehingga ya wajar saja jika di waktu - waktu tertentu jaringan XL mengalami crash. Untuk mengatasi permasalahan ini, Anda cukup melakukan registrasi ulang kembali beberapa saat setelah mengalami kegagalan.

Jaringan XL di Lokasi Anda Lemah

Tidak hanya karena jaringan yang sibuk, gagal nya aktivitas registrasi kartu XL terkadang juga bisa disebabkan oleh lemah nya jaringan XL di lokasi tempat tinggal Anda atau pun tempat Anda melakukan aktivitas registrasi kartu perdana XL tersebut. Jika sudah begini, alternatif terbaik yang bisa Anda jalankan adalah dengan berpindah ke lokasi lain yang memiliki jaringan XL lebih baik.

HP Anda Bermasalah

Penyebab registrasi kartu XL gagal yang ke tiga adalah karena HP yang dipakai untuk melakukan registrasi bermasalah. Seperti yang telah kita ketahui bersama, HP sangat berperan terhadap sukses atau tidak nya aktivitas registrasi yang dilakukan. Maka dari itu, bila signal jaringan XL di lokasi Anda bagus, namun aktivitas registrasi kartu perdana yang Anda lakukan tidak berhasil selama berkali - kali, Anda harus mencurigai kondisi HP Anda.

Dalam hal ini, Anda kami sarankan untuk mencoba melakukan aktivitas registrasi dengan menggunakan perangkat HP yang lain.

 

b. Alternatif Cara Registrasi Kartu XL via SMS

Seperti yang telah kami sampaikan di atas, normal nya aktivitas registrasi kartu perdana XL baru akan dilakukan dengan mengikuti menu Pop Up yang muncul / keluar saat pertama kali HP dinyalakan dengan menggunakan kartu perdana XL baru.

Sayang nya, dalam kondisi tertentu, menu Pop Up untuk aktivitas registrasi ini terkadang tidak muncul. Selain itu, ketika menu sudah muncul namun registrasi yang dilakukan gagal, maka untuk bisa memunculkan menu Pop Up registrasi tersebut kembali, Anda kudu wajib menyalakan ulang HP.

Nah, sebagai solusi nya, bila menu Pop Up pendaftaran / registrasi kartu perdana XL di HP Anda tidak muncul, atau pun bila aktivitas registrasi yang Anda lakukan melalui menu Pop UP yang keluar sewaktu HP diaktifkan pertama kali gagal, Anda dapat melakukan registrasi kartu perdana XL dengan mengikuti alternatif cara registrasi kartu XL via SMS berikut ini :

Ketik : DAFTAR

Kirim ke 4444, lalu ikuti panduan yang muncul di HP

Atau, bila Anda ingin lebih cepat, Anda dapat melakukan pendaftaran secara langsung melalui SMS dengan format SMS sebagai berikut :

KetikDAFTAR#NIK#NomorKK 

kirim via sms ke 4444 

Contoh : DAFTAR#1231263729182344#4111323338283337

kirim ke 4444

Keterangan :
  • NIK = yang punya KTP bisa menggunakan NIK KTP, sementara yang belum punya KTP bisa pakai NIK Kartu Keluarga
  • Nomor KK  = nomor Kartu Keluarga yang tercantum di bagian atas.

NIK dan Nomor Kartu Keluarga


c. Cara Cek Kartu Sudah Berhasil Diaktifasi atau Belum (Cek Status Registrasi)

Nah, terakhir, untuk memastikan bawa kartu perdana XL kamu sudah benar - benar terdaftar atau pun ter registrasi, kamu bisa cek status registrasi kartu perdana kamu dengan cara:

Ketik : INFO lalu kirim ke 4444

Nanti nya, bila kartu perdana XL mu telah ter registrasi, kamu akan mendapatkan balasan SMS dari 4444 dengan isi :
”Kartu Prabayar xl anda sudah terdaftar dengan PIN *********. Terima kasih. "
Jika ternyata kartu perdana kamu belum berhasil ter registrasi, kamu bisa mengulangi kembali proses registrasi nya dengan mengikuti panduan registrasi yang telah kami berikan di atas.

Lihat juga : Cara Aktifasi Perdana Simpati, Loop dan AS


Nah, itu lah sedikit informasi tentang alternatif cara registrasi perdana XL yang gagal atau pun tidak ada balasan, serta beberapa penyebab registrasi kartu XL gagal yang bisa kami sampaikan kepada Anda.

Semoga bermanfaat ya!

Bila ada yang ingin ditanyakan, mari kita diskusikan melalui kolom komentar dibawah. So, jangan sungkan untuk bertanya!

Oh yah, anda yang berada di Kota Bogor dan membutuhkan kartu perdana XL bisa juga membelinya di kami loh, dijamin dapat HARGA GROSIR.

Bagi anda yang kebetulan berencana membuka usaha Konter Pulsa bisa membeli Kartu Perdana dan Voucher Pulsa di tempat kami yakni :

Jln Ciheuleut No.93 Kel Baranangsiang Kec Bogor Timur (Timi Pulsa)

Selaku server pulsa, kami juga menerima pendaftaran agen pulsa all operator silahkan kunjungi website kami di :

0 comments