-->

Persiapan dan Langkah-langkah Memulai Usaha Konter Pulsa

Bisnis konter pulsa bisa dimulai dengan cara yang sangat mudah dan fleksibel. Anda tinggal menentukan, ingin membuka konter berskala kecil terlebih dahulu atau skala besar. Atau bahkan tanpa membuka konter alias berjualan pulsa elektrik saja.

Hal yang perlu anda perhatikan bila ingin membuka konter pulsa adalah faktor lokasi. Ini yang paling utama dan penting. Meskipun kini hampir semua orang memiliki telepong seluler, tetapi kita juga harus melihat demografi masyarakat dekat lokasi. Misal, apakah anda mau buka konter di wilayah perumahan ? Meskipun mungkin anda satu-satunya konter pulsa di wilayah perumahaan, tetapi apakah orang-orang perumahan tersebut mayoritas kelas atas ? Ini tentu kurang potensial karena masyarakat ekonomi atas jarang membeli pulsa di konter, mereka terbiasa menggunakan fasilitas bank untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Nah, pada artikel ini saya akan membahas mengenai step membuka usaha konter pulsa berikut perisapannya.

Persiapan membuka usaha konter pulsa

1. Menentukan lokasi

Pilihan terbaik memilih lokasi adalah di pinggir jalan, dekat dengan pusat keramaian seperti universitas, sekolah, rumah makan, taman dsb. Namun bila tidak ada pilihan lain seperti tidak ada biaya sewa tempat, anda juga bisa membuka konter pulsa rumahan terlebih dahulu. Justru menurut saya cukup bagus bagi pemula sehingga tidak perlu menyewa tempat dan bisa menjadi ajang pengenalan bisnis pulsa tanpa takut rugi.

Perlu diingat bahwa melihat demografi masyarakat juga bisa memberi celah. Misal, meskipun lokasi konter jauh dari universitas, tapi di daerah anda banyak kost-kostan mahasiswa serta karyawan. Mereka umumnya konsumtif dalam penggunaan pulsa. 

Anda yang memiliki modal tipis, bisa membuka konter di rumah (depan rumah). Tidak usah khawatir, pelanggan pulsa pasti ada karena mereka umumnya tidak pilih-pilih konter. Usaha konter pulsa rumahan bisa menjadi sumber penghasilan tambahan bagi keluarga. 

2. Membeli Peralatan dan Perlengkapan Konter Pulsa

Contohnya :
  • Etalase konter (kisaran harga Rp 500 - 900 ribu), anda juga bisa beli yang bekas.
  • Kursi Pajangan (Display) Kartu Perdana dan Handphone Rp 16.500 per pcs.
  • Rak display mundo (tidak usah beli bila tidak menjual aksesoris Rp 200-300 ribuan)
  • Rak gantungan kunci kecil (tidak berlaku bila tidak menjual aksesoris, Rp 80 - 100 ribuan)
  • Hengpon (handphone maksudnya ^_^, yang jadul juga bisa atau gunakan hp pribadi)
  • Sim micro cutter (untuk memotong SIM menjadi micro/kecil, harganya Rp 55 ribuan)
  • Spanduk/banner, fungsinya untuk menambah daya tarik konter pulsa anda. Berdasarkan pengalaman, di daeraha saya harga banner per meternya adalah Rp 30 ribu. Pesan saja ukuran 1, 5 meter x 1 meter, untuk desain bisa anda buat sendiri via photshop atau menggunakan jasa desain di jasa percetakan spanduk di daerah anda. Kita juga bisa meminta spanduk ke Grapari Telkomsel atau Galeri Indosat.
Untuk menambah wawasan, beragam jenis dan harga peralatan Konter Pulsa secara lengkap bisa anda lihat di artikel ini "Jenis dan Harga Peralatan Penunjang Usaha Konter Pulsa"

3. Mencari Supplier

Ini meliputi :

a.  Server Pulsa 1 Chip All Operator (penyedia saldo seperti Timi Pulsa)

Saldo ini digunakan untuk mengisi pulsa elektrik. Anda bisa membeli/deposit saldo di www.timipulsa.com atau penyedia saldo di daerah anda (bila ada). Saldo ini bisa digunakan untuk :
  1. Isi pulsa elektrik ke semua operator (Three, XL-Axis, Indosat, Telkomsel, Smartfren dll) 
  2. Pulsa listrik (token), 
  3. Pulsa Bolt 4G, 
  4. Isi paket internet, 
  5. Isi paket sms 
  6. Voucher game onlin & saldo google play
  7. serta Bayar tagihan bulanan (Telkom, PDAM, PLN dsb). 
Kita bisa mendaftar dulu di Timi Pulsa, baru kemudian membeli saldo (deposit saldo) minimal Rp 50 ribu. Bila anda ingin beli saldo dalam jumlah besar sekaligus juga tidak masalah, karena saldo tidak memiliki masa kadaluarsa berbeda dengan kartu perdana dan voucher fisik. Cara transaksi pulsa nya pun mudah dipelajari, silahakan kunjungi www.timipulsa.com untuk melihat panduan transaksi. 

Kiat memilih penyedia saldo jangan hanya melihat dari segi harga saja, melainkan juga support, layanan dan kecepatannya. Bila harga murah tapi tidak didukung support yang baik seperti respon komplain yang lambat, ini akan membawa masalah pada konsumen pulsa anda. Umumnya harga pulsa setiap penyedia saldo relatif sama meski terlihat ada perbedaan, jadi jangan terkecoh oleh harga murah tapi murahan. 

b. Penjual kartu perdana dan voucher fisik

Kartu perdana dan voucher bisa anda beli di konter besar (Konter Grosiran) di daerah anda, atau bisa juga beli di Timi Pulsa. Minta saja harga grosir. 

Pastikan jangan tergesa-gesa beli banyak untuk kartu perdana dan voucher karena memiliki masa aktif (kadaluarsa). Cukup sediakan 5 buah kartu perdana untuk setiap operator. Untuk voucher sendiri biasanya yang  paling laku adalah voucher Three nominal 1 ribu dan 2 ribu serta Indosat.

  • Pertama cukup beli 25 kartu perdana terlebih dahulu yang meliputi 5 kartu perdana Three, 5 Telkomsel, 5 Indosat, 5 XL, 5 Axis. Jangan lupa untuk melihat masa aktif kartu perdana yang hendak dibeli, karena terkadang ada Grosiran yang sengaja memberikan kumpulan kartu perdana yang masa aktifnya tinggal sedikit. Jadi tanyakan saja, apakah ada yang masa aktifnya lebih lama.
  • Untuk voucher fisik diawal cukup beli nominal 1 ribu, 2 ribu dan 5 ribu untuk Three, 5 ribu dan 10 ribu untuk Indosat, 5 ribu dan 10 ribu untuk Telkomsel serta nominal 5 ribu dan 10 ribu untuk XL. Jumlahnya silahkan sesuaikan dengan budget anda. 

c. Penjual aksesoris hp dan perlengkapan komputer (opsional)

Bagi anda yang juga ingin menjual aksesoris di konter pulsa, bisa mencarinya ke toko aksesoris hp yang lengkap dan mau menerima harga grosir dengan minimum pembelian kecil. Bisa juga membeli secara online namun tetap hitung beban ongkos kirimnya. Banyak ko toko aksesoris hp dimana-mana, termasuk di pusat perbelanjaan.

Namun, bagi anda yang belum mau menjual aksesoris hp maka diabaikan saja point ini. Khususnya yang bermodal kecil atau tempatnya tidak memadai. Setelah berkembang boleh mempertimbangkannya kembali. 

Bisnis pulsa sebetulnya sangat fleksibel, kita bisa berjualan dengan membuka konter atau tanpa membuka konter. Artinya kita bisa juga berjualan pulsa secara mobile dengan bermodalkan hp saja.

Nah itulah seputar persiapan dan langkah-langkah membuka usaha konter pulsa. Semoga bermanfaat. 

2 komentar

25 July 2016 at 08:17 Delete comments

Kebetulan nih lagi mau buka konter, udah siap sih etalase ada 2, komputer, printer, sepanduk, cuman masih belum tau beli Perdana, Acesoris dll, seperti di atas dimana, saya di Jl. Cilebut raya, Kalo timi pulsa ini dimana? kartu perdana dan rak kartu perdana nya ada di jual di Timi pulsa? boleh minta alamat sama no. kontaknya?

Reply
avatar
23 November 2016 at 06:09 Delete comments

Alamatnya di Jln.Pakuan Ciheuleut No.93, Bogor Timur.

Website www.timipulsa.com

Silahkan mampir kemari. Bila ada pertanyaan, info atau ingin konsultasi bisa mengontak saya via SMS di 08777-0637-229 atau pin 571E1FD9

Reply
avatar