Saturday, 20 February 2016

4 Tips Dasar Memulai Bisnis Pulsa agar Tetap Potensial

Tujuan, merupakan pondasi utama dalam memulai bisnis pulsa elektrik. Tipsnya, anda harus membuat deal dengan diri anda sendiri, apakah berjualan pulsa (elektrik) untuk penghasilan sampingan, penghasilan utama atau sekedar pemakaian pribadi. Ketiganya sama-sama bisa memberi manfaat. Timi Pulsa merupakan distributor pulsa all operator yang memiliki Server Pulsa sendiri, berperan sebagai penyedia saldo bagi anda yang ingin berjualan pulsa elektrik.

Tren pengguna ponsel di Indonesia memang melesat secara signifikan. Dikutip dari teknologi.news.viva.co.id bahwa setiap penduduk Indonesia kini memiliki ponsel lebih dari satu. Ini diperkuat oleh data US Cencus Bureau pada Januari 2014 dimana disatu sisi jumlah penduduk Indonesia hanya sekitar 251 juta jiwa, di sisi lain pengguna ponsel berkisar di angka 281 juta.  

Tidak heran, bila usaha pulsa sangat marak karena potensi pasarnya sangat besar dan terus bertambah seiring pertumbuhan generasi baru yang melek teknologi. Pertanyaannya, apakah bisnis pulsa masih memiliki market share dengan maraknya konter pulsa dimana-mana ?


Pertanyaan diatas akan terjawab dengan sendirinya ketika anda sudah memulai usaha pulsa. 

Namun, bila anda ingin mendengar hasil pengamatan saya yang juga berkecimpung di dunia pulsa, maka saya katakan MASIH SANGAT POTENSIAL. Baiklah, ikuti tips memulai bisnis pulsa elektrik ini bila anda ingin mengetahui lebih dalam.

Tips Memulai Bisnis Pulsa agar Tetap Potensial


1. Tetapkan Tujuan Berjualan Pulsa 

  • Pemakaian pribadi
  • Penghasilan utama
  • Penghasilan sampingan

Ketika anda membeli saldo (deposit) sebenarnya bisa juga digunakan untuk pemakaian pribadi. Beberapa member Timi Pulsa banyak juga yang memfungsikannya untuk pemakaian pribadi karena harganya lebih murah dan praktis serta serbaguna. Saldo bisa digunakan untuk isi pulsa ke semua nomor/operator, isi pulsa listrik, isi pulsa Bolt 4G, aktivasi paket sms, aktivasi paket internet serta bayar tagihan PLN/Telkom/PDAM. Saldo disini tidak memiliki masa kadaluarsa jadi aman dipakai berbulan-bulan.

Berbisnis pulsa juga bisa dijadikan penghasilan utama, saran saya siapkan modal lebih besar untuk tujuan satu ini. Lokasi terbaik bila anda ingin totalitas berbisnis pulsa adalah di pinggir jalan khususnya persimpangan. Anda juga bisa memilih lokasi dekat kampus karena semua mahasiswa dipastikan memiliki ponsel dan sangat konsumtif penggunannya. Memilih lokasi yang tepat adalah kunci utama yang tidak boleh anda remehkan bila ingin menjadikannya sebagai penghasilan utama.

Saran/tips terbaik adalah jadikanlah bisnis pulsa sebagai penghasilan sampingan terlebih dahulu. Beberapa member Timi Pulsa sebagian besar menjadikannya penghasilan sampingan dan pada akhirnya mereka mulai serius ketika sudah punya modal menyewa kios pinggir jalan. Usaha pulsa cukup lumayan untuk menambah penghasilan keluarga di rumah. 

Anda bisa membuka konter di depan rumah tanpa khawatir tidak laku, karena saldo tidak akan kadaluarsa dan bisa digunakan juga untuk pemakaian keluarga. Siapkan etalase kecil, ponsel untuk transaksi dan beberapa kartu perdana. Konter bisa dijaga oleh istri anda atau sanak saudara, sementara anda masih tetap bisa bekerja di luar.  
So, putuskan yang mana tujuan anda...

2. Menentukan Lokasi Berjualan Pulsa

Sebagai penghasilan sampingan, cukup bukalah konter kecil di depan rumah atau dimanapun yang tidak berbiaya sewa, kecuali anda punya modal. Kelebihan membuka konter di depan rumah adalah mudah ketika dijaga oleh istri atau sanak saudara, tidak ribet dan cocok untuk pemula. Bila rumah anda di pinggir jalan, akan lebih menguntungkan lagi. 

Disamping itu perhatikan juga latar belakang masyarakat sekitar, apakah sebagian besar terdiri dari orang tua atau banyak anak muda dan mahasiswa. Berdasarkan pengalaman, bila lokasi konter di gang sempit, maka target pasar anda adalah para orang tua terutama tetangga dan teman dekat anda, namun tergantung demografi penduduk di lokasi tersebut.

Bila anda punya kemauan, ajaklah teman atau saudara anda yang rumahnya di pinggir jalan untuk join berbisnis pulsa. Ini bisa menghemat biaya sewa.

Sebenarnya, tidak membuka konter juga tidak masalah. Kita bisa mempraktekan para mahasiswa yang berjualan pulsa elektrik di kampus. Anda bisa berjualan pulsa elektrik ke teman-teman saja, bisa broadcast di BBM, Line, Whatsapp dsb, sistem pembayaran bisa melalui transfer atau ditagih seminggu sekali. Cara ini cukup efektif juga bagi anda yang menjadikannya sebagai penghasilan sampingan. 

Manfaatkan fasilitas “downline pulsa”, ini bisa menjadi penghasilan pasif anda tanpa perlu capek. Anda bisa mencari teman yang juga mau berjualan pulsa, lalu anda mark-up harganya. Silahkan lihat artikel Downline Pulsa di website Timi Pulsa. 

3. Mengelola Perputaran Uang

Kendala yang sering ditemui ketika berjualan pulsa adalah bila kita menerima teman yang hutang. Jangan sampai anda segan untuk menagih hutang, dan buatlah “deal” tentang aturan hutang. Misal besok langsung bayar, seminggu sekali bayar dsb. Aturan tersebut harus dipertegas, bila tidak diindahkan oleh teman maka jangan berikan hutang lagi. Jangan lupa batasi hutang agar tidak membunuh usaha anda. Ketika banyak hutang belum tertagih, anda yang bermodal kecil akan kesulitan memutarkan uang. 

Namun jangan khwatir, bila dimenej dengan baik sistem hutang bisa memudahkan teman kita dan membuat mereka loyal.

4. Punya Target dan Arah

Bila anda bercita-cita memilki konter pulsa besar, maka anda harus punya target dan arah perencanaan. Kumpulkan modal dan hindari pola hidup boros. Tidak usah berpikir ribet, semkakin lama berjualan pulsa anda akan semakin terbiasa dan dengan sendirinya pikiran anda pun akan terbuka. Banyak peluang yang bisa dikembangkan dari berjualan pulsa. Kita bisa membuka jasa servis hp, menjadi penyedia aksesoris hp sampai berjualan hp. Bayangkan dari konter pulsa, menjelma menjadi konter jual beli HP seperti di Blok M Plaza. Pernah dengar kata-kata ini 
“Pasti ada yang sukses di setiap bidang Bisnis, entah tukang bakso yang jadi pengusaha bakso, tukang sampah jadi juragan limbah plastik dsb”
Jadi, bukan bidang usahanya yang salah, tapi bagaimana cara kita menyikapi peluang dan tantangan pada usaha tersebut  toh mereka juga bisa sukses.

Yuk berjualan pulsa elektrik.....





Pustaka : 
  • http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/512467-pengguna-ponsel-di-indonesia-lampaui-jumlah-penduduk


0 comments